Augmented reality untuk visualisasi DNA-RNA: Inovasi pembelajaran genetika pada mahasiswa D3 Farmasi
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v7i1.117Keywords:
Augmented Reality, Genetika, FarmasiAbstract
Materi genetika, seperti DNA dan RNA, sangat penting pada program studi D3 Farmasi. Namun demikian, materi tersebut sangat kompleks dan abstrak sehingga mahasiswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif media AR dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa D3 Farmasi Universitas Mangku Wiyata tentang konsep DNA dan RNA. Sampel penelitian ini adalah 40 mahasiswa di semester I yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan desain kuasi eksperimen pretest-posttest control group dan instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, angket persepsi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dari 58,25 menjadi 85,75 (skor peningkatan = 0,66, kategori tinggi), dan nilai rata-rata kelompok kontrol meningkat secara signifikan dari 57,00 menjadi 72,25 (skor peningkatan = 0,36, kategori sedang). Media AR lebih efektif daripada metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,002). Sebagian besar siswa menyatakan bahwa visualisasi interaktif AR membuat belajar lebih mudah dan mendorong mereka untuk belajar. Hal ini menunjukkan bahwa media augmented reality (AR) merupakan solusi inovatif untuk masalah pembelajaran genetika yang kompleks dan abstrak.
References
Agrawal, S. (2022). When molecules come to life – Using augmented reality for studying protein structure in cell biology class. The FASEB Journal, 36(S1). https://doi.org/10.1096/fasebj.2022.36.S1.L7980
Ali, R. M., Idoudi, S., Abdulrahman, N., & Mraiche, F. (2023). Biotechnology content in pharmacy curricula: Focus on Arab countries. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 15(7), 654–660. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2023.07.001
Arifin, A. A., Doyan, A., Mahrus, M., Susilawati, S., Andayani, Y., & Muntari, M. (2023). PJBL learning training based on science practicum tools DNA and RNA structures at the Attohiriyah Alfadiliyah Islamic Boarding School. Unram Journal of Community Service, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.29303/ujcs.v4i2.453
Fajari, L. E. W., & Meilisa, R. (2022). The development of augmented reality to improve critical thinking and digital literacy skills of elementary school students. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 688. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65687
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian analisis pendekatan teori konstruktivisme dalam proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297.
Jdaitawi, M., Muhaidat, F., Alsharoa, A., Alshlowi, A., Torki, M., & Abdelmoneim, M. (2022). The effectiveness of augmented reality in improving students motivation: An experimental study. Athens Journal of Education, 10(2), 365–380. https://doi.org/10.30958/aje.10-2-10
Kofoglu, M., Dargut, C., & Arslan, R. (2020). Development of augmented reality application for biology education. Turkish Journal of Science Education, 17(1), 62–72. https://doi.org/10.36681/tused.2020.13
Kurniasih, E., Widuroyekti, B., & Masduki, L. R. (2023). Implementation of augmented reality-based thematic elementary school textbooks to improve students’ literacy skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 1(4), 379–387.
Latip, A. (2022). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Lee, L. K., Wei, X., Chui, K. T., Cheung, S. K. S., Wang, F. L., Fung, Y. C., Lu, A., Hui, Y. K., Hao, T., Ul, L. H., & Wu, N.I. (2024). A systematic review of the design of serious games for innovative learning: Augmented reality, virtual reality, or mixed reality? Electronics, 13(5), 890. https://doi.org/10.3390/electronics13050890
Mahrus, M., Idrus, A. A., Hadisaputra, S., & Syauki MS, L. (2022). Pemanfaatan media pohon filogenetik ikan teri berbasis hasil penelitian untuk mengatasi kesulitan belajar materi keragaman genetik pada mata pelajaran biologi siswa MAN 2 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 246–251. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2529
Maysyaroh, U., & Noor, M. F. (2025). Identification of students’ misconceptions in genetic materials using four-tier diagnostic test. Inornatus: Biology Education Journal, 5(2), 55–70. https://doi.org/10.30862/inornatus.v5i2.844
Mu, Z. C., Tan, Y. L., Liu, J., Zhang, B. G., & Shi, Y. Z. (2023). Computational modeling of DNA 3D structures: From dynamics and mechanics to folding. Molecules, 28(12), 4833. https://doi.org/10.3390/molecules28124833
Rahmat, A. D., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Perdana, R. (2023). Implementation of mobile augmented reality on physics learning in junior high school students. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 132–140. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4474
Ramadhani, F., Fathurrachman, F. A., Fitriawanti, R., Rongre, A. C., & Wijayaningrum, V. N. (2018). Optimasi pendistribusian barang farmasi menggunakan algoritma genetika. KLIK: Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 5(2), 159. https://doi.org/10.20527/klik.v5i2.151
Scavarelli, A., Arya, A., & Teather, R. J. (2021). Virtual reality and augmented reality in social learning spaces: A literature review. Virtual Reality, 25(1), 257–277. https://doi.org/10.1007/s10055-020-00444-8
Sun, Z., Zheng, S., Zhao, H., Niu, Z., Lu, Y., Pan, Y., & Yang, Y. (2022). To improve prediction of binding residues with DNA, RNA, carbohydrate, and peptide via multi-task deep neural networks. IEEE/ACM Transactions on Computational Biology and Bioinformatics, 19(6), 3735–3743. https://doi.org/10.1109/TCBB.2021.3118916
Tamam, B., & Qomaria, N. (2023). Implementation of augmented reality in biology learning: Its effect on learning motivation and retention. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 17–22. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.59038
Wiliyanto, D. A., Gunarhadi, G., Anggarani, F. K., Yusuf, M., & Subagya, S. (2022). Development of augmented reality-based learning models for students with specific learning disabilities. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2915–2926. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7845
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahmie Firmansyah, Isti Dwi Pruschia, Dwi Astriani, Shinta Dewi Kartika, Afrini Saraswati, Maya Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.