Pembelajaran analisis artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dalam mata kuliah pengetahuan lingkungan

Authors

  • Efriana Jon STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.41

Keywords:

Analisis artikel ilmiah, Critical thinking skill, Pengetahuan lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran analisis artikel ilmiah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang diikuti dengan eksperimen terbatas pada semester dua yang melibatkan 71 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa berada pada rentang 75-83 atau dalam kategori baik, sedangkan kemampuan analisis artikel mahasiswa berada pada rentang 10-15 atau dalam kategori sangat kurang. Standar proses yang ditawarkan oleh pembelajaran saintifik belum mampu menarik mahasiswa pada level ide, yaitu analisis artikel dan berpikir ilmiah berada pada level yang sama.

References

Creswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatitf, Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan). Pustaka Pelajar.

Hake, R.R. (1999). Analizying Change/Gain Scores. Tersedia online di http://physics.indiana.edu.

Juli Soemirat Slamet, (2009). Kesehatan Lingkungan, Gadjah Mada University Press.

Soetriono & Rita Hanafie. (2007). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Penerbit Andi.

Supriyanto, Stefanus. (2013). Filsafat Ilmu. Prestasi Pustaka Publisher.

Williams et.al. (2003). Thinking Like a Scientist About Real-World Problems: The Cornell Institute for Research on Children Science Education Program. Journal of Applied Developmental Psychology, 25 (2004), 107-126.

Wiryono, (2013), Pengantar Ilmu Lingkungan. Pertelon Media,

Yildiz, Mehtap et.al. (2013). Expression And Mapping Of Anthocyanin Biosynthesis Genes In Carrot. Abstract. Theoretical and Aplied Genetics Vol. 126 issue 7 pp 1689-1702

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles