Uji efektivitas handout bergambar disertai peta konsep pada materi invertebrata untuk SMA
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.43Keywords:
Handout bergambar, Invertebrata, Hasil belajarAbstract
Dalam proses pembelajaran biologi mengharuskan siswa memahami konsep dan prinsip dari suatu materi. Upaya untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep materi, maka perlu diciptakan suasana belajar yang efektif. Untuk menciptakan suasana yang efektif diperlukan suatu media, model dan pendekatan serta sumber belajar yang memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan di sekolah-sekolah selama ini hanya terbatas pada gambar dan warna yang tidak sesuai dengan aslinya, hasil belajar siswa masih di bawah ketuntasan minimal (KKM) dan telah dikembangkan bahan ajar handout bergambar peta konsep pada materi invertebrata untuk SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan handout bergambar dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Analisis data tes pada penelitian ini adalah analisis hasil belajar siswa setelah menggunakan handout bergambar dengan peta konsep. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji keefektifan handout bergambar dengan peta konsep ini diperoleh nilai rata-rata dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92,31%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout bergambar dengan peta konsep pada materi invertebrata efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group
Saputra, D. (2015). Pengembangan Handout Bergambar Disertai Peta Konsep
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liza Yulia Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.