PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN TAMPILAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PADANG GELUGUR KAB. PASAMAN

Authors

  • Nofria Essil Universitas Bung Hatta
  • Nawir Muhar Universitas Bung Hatta
  • Azrita Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.6

Keywords:

Pembelajaran Biologi , Macromedia flash, powerpoint, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang Gelugur Kab. Pasaman dengan menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pada materi Sistem Produksi Manusia. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86.12 dan kelas kontrol 76.0. Uji hipotesis dengan menggunakan  uji t diperoleh nilai thitung 3.65> ttabel 1.68 (? 0.05), berarti H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 76%.

References

Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 201 Hal.

Istiningsih. 2012. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative. 130 Hal.

Lufri .2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian.Padang: Universitas Negeri Padang. 231 Hal.

Sakti, Indra. Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA PLUS N 7 KOTA BENGKULU. ISSN 1412-3617 Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-Progesif. Surabaya: Kencana. 220 Hal.

Yuli, D. C. 2012. Penyusun Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk Siswa Kelas XI Semester II SMA N 9 Purworejo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles