Pengaruh lembar kerja peserta didik berorientasi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v6i1.81

Keywords:

LKPD, Pencemaran, Lingkungan, Hasil belajar, SALINGTEMAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik berorientasi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas MAN 2 Jember, Jawa Timur tahun ajaran 2021/2022. Kelas yang dipilih sebagai sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X IPA 5. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esai berjumlah 10 soal dengan teknik skoring 1-5. Hasil uji beda Mann Whitney pada skor pretest dan posttest hasil belajar kognitif siswa didapatkan signifikansi sebesar .000 (<0.05). Rata-rata posttest hasil belajar kognitif siswa (84.14) lebih besar daripada pretest hasil belajar kognitif siswa (44.25). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran materi pencemaran lingkungan memanfaatkan lembar kerja peserta didik berorientasi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar kognitif siswa.

Author Biographies

Faikotul Hikmah, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Tadris Biologi

Nanda Eska Anugrah Nasution, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Tadris Biologi

References

Aslam, M., Azis, A.A., & Adnan. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885

Afriza, F. & Nasution, N.E.A. (2022). Comparison of the learning outcomes of junior high school students utilizing audio-visual and chart learning media to study ecosystem. META: Journal of Science and Technological Education, 1(1), 46-57. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/4

Agusnita & Fitri, R. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi keterampilan proses sains untuk kelas XI Semester II SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(1), 55-64. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i1.5019.

Aida, N. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi perubahan lingkungan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zuhaiddah. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis sains teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202. http://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Anderson, L.W, Krathwohl, D.R, & Bloom, B.S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Pearson, Allyn & Bacon. http://books.google.com/books?id=JPkXAQAAMAAJ&pgis=1

Ardiansyah, H., Riswanda, J., & Armanda, F. (2023). Pengaruh model PBL dengan pendekatan stem terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-51. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9507

Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis SALINGTEMAS (sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885

B, Nurhayati, Syahirah, S., L, Hamka, & Hadis, A. (2022). Inovasi pembelajaran biologi melalui pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains untuk SMA. Jurnal Biology Science & Education, 11(1), 19-30. https://doi.org/10.33477/bs.v11i1.2592

Conilie, M., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2021). Utilization of plastic and fabric waste into economic valued products to minimize household waste. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 747(2021) 012107: 1-9). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012107.

Fauziyah, A., Relsas, Rahmawati. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan. Prosiding SEMNAS BIO 2021 Universitas Negeri Padang, Volume 01 https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/124

Fatmaniati, W., & Nur Cholifah, T. (2022). Pengembangan LKPD berbasis STM Untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 470 - 479. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.307.

Febriani, R., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2020). Adiwiyata School: An environmental care program as an effort to develop Indonesian students’ ecological literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1563(2020) 012062, 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012062.

Harahap, D., Siregar, N., & Siregar, D. (2021). Pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran luring materi sel kelas X SMK N 3 Padangsidimpuan. Jurnal Edugenesis, 4(2), 33-38. https://journal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/2707.

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student's learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a.

Harahap, M. P., & Nasution, N. E. A. (2022). Validity of computer based learning media to improve junior high school students’ learning outcomes on ecosystem topics. META: Journal of Science and Technological Education, 1(1), 31–45. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/3

Hasanah, U., & Isnawati. (2022). Validity of SALINGTEMAS based-worksheet on fungi topic to influence critical thinking skill. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3),20-25. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/31336?articlesBySameAuthorPage=4

Hasanah, N.U., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2022). The effect of interactive multimedia adobe flash professional CS6 on student learning outcomes of excretion system material based on the revised bloom taxonomy. 2022: The Proceeding of the Fifth ICCGANT 2021. http://proceedingcgantunej.or.id/index.php/proceedingcgant/article/view/10/13.

Khaira, N. (2018). Pengaruh pembelajaran STEM terhadap peserta didik pada pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Mipa Iv, 233.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sofyan, M., & Nasution, N. E. A. (2022). Need analysis of animalia learning media for class X at MA Miftahul Ulum Suren Jember after the covid-19 pandemic. META: Journal of Science and Technological Education, 1(2), 132–137. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/19

Syaifullah, I. L., & Dwiningsih, K. (2016). Penerapan lembar kerja siswa berorientasi sci-ence, environment, technology, and society (SETS) pada materi pokok koloid kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 5(3), 684-688.

Ulfiatun, Novi Ratna Dewi, Miranita Khusniati. (2017). Efektivitas penggunaan LKS IPA terpadu bervisi SALINGTEMAS (Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat) berbasis science entrepreneurship terhadap keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 74-88. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.748.

Usemahu, A., Wally, P., & Marwah, S. (2022). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan kognitif siswa SMA. Jurnal Biology Science & education, 11(2), 184-194. https://doi.org/10.33477/bs.v11i2.3644

Yulanda, G., & Rahmi, Y. (2023). Analisis kebutuhan lembar kerja peserta didik terintegrasi STEM pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 128-136. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i2.13586

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles