https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/issue/feed Jurnal Edukasi dan Sains Biologi 2021-12-10T13:36:41+00:00 Rona Taula Sari, S.Si., M.Pd. ronataulasari@bunghatta.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Edukasi dan Sains Biologi (ESABI)</strong> adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universita Bung Hatta. Jurnal ESABI adalah jurnal yang menampung manuskrip di tingkat nasional yang mencakup banyak masalah umum atau masalah yang terkait dengan edukasi dan sains biologi. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat.</p> https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/13 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pemberian Tes Kecil (Kuis) Di Kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020 2021-12-10T13:09:38+00:00 Suherman Suherman salwasuherman@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPA&nbsp; siswa melalui pemberian tes kecil (kuis) di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan&nbsp; September dan November&nbsp; pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020&nbsp; pada siswa kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis yang berjumlah 23 siswa.&nbsp; Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus &nbsp;(45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan tes kecil (kuis) dalam belajar IPA&nbsp; mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum pemberian tes kecil (kuis) &nbsp;dapat meningkatkan hasil belajar IPA&nbsp; di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis.</p> 2021-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/14 Implementasi Pembelajaran Aktif Role Playing (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020 2021-12-10T13:12:03+00:00 Yanti Yanti yantinazrul02@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020.&nbsp;&nbsp; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan&nbsp; September dan November&nbsp; pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020&nbsp; pada siswa kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman yang berjumlah 23 siswa.&nbsp; Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi.&nbsp; Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus &nbsp;(45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%).&nbsp; Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik pembelajaran aktif Role Playing dalam belajar IPA&nbsp; pada materi Sistem Reproduksi Manusia mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum teknik pembelajaran <em>Role Playing</em> dapat meningkatkan hasil belajar IPA&nbsp; Sistem Reproduksi Manusia di kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020.</p> 2021-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/15 Keragaman Bryophyta di Kawasan Wisata Alam Candi MuncarWonogiri Sebagai Bahan Pembuatan Multimedia Interaktif Biologi SMA 2021-12-10T13:16:10+00:00 Yohanes Rudiawan anwaribio@gmail.com Nur Rokhimah Hanik anwaribio@gmail.com Anwari Adi Nugroho anwaribio@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan lumut (<em>Bryophyta</em>) yang dapat digunakan untuk penyusunan media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif, mengetahui keragaman dan kelimpahan&nbsp; tumbuhan lumut (<em>Bryophyta</em>) di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang disusun ditinjau dari aspek materi, aspek media, dan aspek pemanfaatan berdasarkan penilaian guru biologi dan ahli, sehingga memperoleh media pembelajaran yang interaktif menurut validator dan mengetahui cara penerapan multimedia interaktif hasil penelitian dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode eksplorasi dengan menerapkan purposive sampling dalam pengambilan stasiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan indeks nilai penting, indeks keragaman Shanon-Wiener dan indeks kriteria penilaian Tri Cipto Tunggul Wardoyo. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis tumbuhan lumut ditemukan di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar sebanyak 17 spesies. Keragaman tumbuhan lumut di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar terkategori sedang dengan nilai indek <em>H’</em> sebesar 2,72. Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi, yaitu <em>Hypnum circinale</em> kelas <em>Bryopsida </em>sebesar 19,51 dan terendah, yaitu spesies <em>Lepidozia cupressina</em> kelas <em>Hepaticopsida</em> sebasar 5,33. Penilaian ketiga ahli menyatakan bahwa media pembelajaran berupa multimedia interaktif Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang valid. Penerapan media pembelajaran di dalam kelas dengan memanfaatkan multimedia interaktif sebagai bahan ajar pada saat pembelajaran sesuai dengan materi atau KD yang telah tertulis pada silabus.</p> 2021-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/16 Studi Meta-Analisis : Effektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA 2021-12-10T13:22:14+00:00 Cindy Oktafina Nengsih cindyoktafina04@gmail.com Fitri Arsih cindyoktafina04@gmail.com Zulyusri Zulyusri cindyoktafina04@gmail.com Lufri Lufri cindyoktafina04@gmail.com <p>Mata pelajaran IPA ialah mata pelajaran yang membutuhkan<em> banyak media pembelajaran sebagai penunjang materi ajar bahkan pada umumnya dapat dikatakan bahwa materi IPA </em>tidak dapat dipahami dengan baik apabila tanpa bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan meliputi, media pembelajaran di dalam kelas seperti LCD komputer untuk menayangkan contoh visualisasi dari proses pembelajaran, dan penggunaan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tingkat SD, SMP, maupun SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis dengan melakukan telaah terhadap 20 artikel yang terbit di jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dimana penelitian ini memadukan hasil penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan berbagai media pembelajaran IPA menggunakan nilai <em>pretest </em>dan <em>posttest</em> siswa.&nbsp; Hasil <em>effect size</em> menunjukkan nilai rata-rata 1.1 dengan kategori efek sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.</p> 2021-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/17 Studi Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi di SMA Ditinjau Dari Aspek Kognitif 2021-12-10T13:28:47+00:00 Asra Indah indahasra@gmail.com Fitri Arsih indahasra@gmail.com Lufri Lufri indahasra@gmail.com Zulyusri Zulyusri indahasra@gmail.com <p>Model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang model pembelajaran PBL dalam pembelajaran Biologi terhadap aspek kognitif atau hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan sampel sebanyak 10 jurnal nasional. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar biologi mulai dari persentase pre-test dan post-test terendah 19,63 % hingga tertinggi 45,99%. Dari 10 jurnal yang telah dianalisis didapatkan peningkatan yang paling signifikan pada penelitian Pengaruh <em>Problem-Based Learning</em>&nbsp; Terhadap Kemampuan&nbsp; Berpikir Kritis Dan Kognitif Siswa SMA dengan tingkat post-test 92,27% sedangkan pre-test 46,28%. Dengan memperoleh efek size yang dikategorikan besar yaitu sebesar 0,79 dengan menggunakan rumus cohen’s. Hal ini menunjukkan bahwa PBL adalah strategi pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA.</p> 2021-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi https://esabi.bunghatta.ac.id/index.php/esabi/article/view/18 Meta Analisis : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learrning Tipe Number Head Together dengan Hasil Belajar 2021-12-10T13:36:41+00:00 Retti Yuselmi rettyyuselmi@gmail.com Fitri Arsih rettyyuselmi@gmail.com Zulyusri Zulyusri rettyyuselmi@gmail.com Lufri Lufri rettyyuselmi@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan menelaah sumber data yang berasal dari jurnal nasional terbitan tahun 2008 sampai tahun 2021. Pengumpulan data berupa artikel dan jurnal elektronik yang dilakukan dengan bantuan Google Scholar. Hasil pencarian diperoleh sebanyak 20 artikel relevan, jurnal elektronik dan prosiding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan penghitungan effect size untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa studi meta-analisis berpengaruh pada hasil belajar dan jenis model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together memiliki harga rata-rata lebih tinggi di tingkat menengah atas dibandingkan dengan sekolah dasar dan menengah pertama. Harga ukuran efek rata-rata untuk tingkat pendidikan menengah atas, menengah pertama dan dasar adalah: 2,542; 0,631; dan 0,86 pada kategori tinggi. Sedangkan dari segi jenis model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together dalam keseluruhan artikel yang di analisis adalah: 1,288 pada kategori tinggi. maka dapat disimpulkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.</p> 2021-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi