Modul elektronik IPA Terpadu berbasis pendidikan karakter sebagai inovasi bahan ajar untuk Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Syafruddin Syafruddin Universitas Samawa
  • Wiwi Noviati Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v6i1.76

Keywords:

Modul Elektronik, Pendidikan Karakter, Bahan Ajar SMP

Abstract

Keterbatasan bahan ajar yang didominasi buku teks serta minimnya pengembangan bahan ajar inovatif oleh guru di SMP Kecamatan Sumbawa—akibat kendala waktu dan penguasaan teknologi—menjadi urgensi penelitian ini. Kondisi tersebut menghambat kemandirian belajar siswa dan menuntut adanya bahan ajar alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Modul Elektronik IPA Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter, serta mengetahui respons guru dan siswa terhadap modul tersebut. Penelitian pengembangan (R&D) ini mengadaptasi sepuluh langkah model Borg dan Gall, meskipun implementasinya dibatasi hingga tahap uji coba lapangan utama karena kendala waktu. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi (oleh ahli materi dan media) serta angket respons guru dan siswa. Modul yang dikembangkan secara khusus mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Elektronik IPA Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter sangat layak diterapkan dalam pembelajaran, didasarkan pada validasi positif dari ahli materi dan media, serta respons yang baik dari guru dan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah modul elektronik yang dikembangkan sangat layak untuk menjadi bahan ajar alternatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran mandiri siswa dan penguatan pendidikan karakter di jenjang SMP.

Author Biographies

Syafruddin Syafruddin, Universitas Samawa

Pendidikan Biologi

Wiwi Noviati, Universitas Samawa

Pendidikan Biologi

References

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Etistika, Y. W., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Jurnal Pendidi-kan Matematika, 1, 263–278.

Fourlilla, & Fauzi, A. (2019). Develop analysis with electronic modules. Journal of Phys-ics: Conference Series, 1185(1), Article 012106. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012106

Fonda, & Sumargiyani. (2018). Pengembangan modul elektronik matematika dengan pendekatan ilmiah menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Infinity, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Hafsah, N. R. J., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). E-Modul sebagai media dalam peningkatan kualitas belajar. Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200

Hanafi. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Handayani, E. (2019). Pengembangan media e-learning berbasis Schoology dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik [Skripsi tidak diterbitkan]. UIN Raden Fatah Palembang.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Iriani, T., Elvarita, A., & Handoyo, S. S. (2020). Peningkatan materi pelajaran mekanika tanah. JPenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Istuningsih, W., Baedhowi, & Sangka, K. B. (2018). The use of electronic modules for learning effectiveness. IJERE, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313

Jonias, H. (2014). Media belajar modul elektronik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3), 645–649.

Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan modul elektronik fisika dengan strategi PDEODE pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk siswa kelas XI SMA [Makalah presentasi]. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Prasetyo, T. (2020). Modul elektronik sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi. Dalam Prosiding Konferensi Internasional Pertama tentang Manajemen Pendidikan dan Ekonomi Syariah (ICO EDUSHA). https://prosiding.stainim.ac.id

Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Electronic module devel-opment to improve student skills. The Turkish Online Journal of Educational Technol-ogy (TOJET), 17(3), 26–36.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Wibowo, E. (2018). Modul elektronik guna mengembangkan bahan ajar [Skripsi tidak diterbitkan]. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPS

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles