Pengaruh model Project Based Learning terhadap peningkatan kecerdasan ekologi siswa kelas X
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v7i1.87Keywords:
Project Based Learning, Kecerdasan Ekologi, Quasi eksperimenAbstract
Rendahnya kecerdasan ekologi siswa dilihat dari pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa yang kurang baik terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, serta kurangnya motivasi siswa untuk menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kecerdasan ekologi siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Sumbawa, yang berjumlah 46 siswa dengan teknik pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data diperoleh melalui pembagian soal pretest dan posttest, untuk mengukur kecerdasan ekologi aspek pengetahuan. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa dari hasil tes siswa tentang kecerdasan ekologi. Data di analisis menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kecerdasan ekologi siswa pada konsep ekosistem. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t yakni pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Nilai rata-rata Kelas kontrol yaitu sebesar 77,45 sedangkan posttest kelas eksperimen sebesar 85,55. maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kecerdasan ekologi siswa pada konsep ekosistem.
References
Arifin, F. Y., & Putri, S. S. S. (2021). Peningkatan ecoliteracy siswa dalam pemanfaatan sampah dengan menggunakan model Project Based Learning pada pembelajaran IPS. Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 1–5.
Darmayanti, N., & Pratiwi, R. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar siswa dengan variabel moderator kecerdasan ekologis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(02), 92–101. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2169
Japar, M. (2018). Peningkatan ecoloteracy dalam memanfaatkan sampah dengan menggunakan model Project Based Learning pada pembelajaran IPS. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Kurnia, I. R., & Muyassaroh, I. (2021). Peningkatan ecoliteracy siswa dalam budidaya tanaman melalui project based learning pada pembelajaran IPS. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 80-88. https://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3050
Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230–236. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p230-236
Putra, A., Rahmad, A., & Redjeki, S. (2023). Peningkatan kecerdasan ekologis anak-anak menggunakan strategi komunikatif interaktif dan pendekatan kearifan lokal di Sumbawa. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 845–850. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1147
Rahmad, D. (2024). Model E-Supsate untuk pembelajaran yang lebih bermakna pada program studi Pendidikan IPS di perguruan tinggi Islam. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 10(2), 137–158. https://doi.org/10.18860/jpips.v10i2.26315
Rahayu, G. D. S., & Setiyadi, R. (2018). Penerapan model Project Citizen dalam upaya meningkatkan kecerdasan ekologis. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 31. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i1.9684
Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan interpersonal peserta didik sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42.
Seran, E. Y., Ani, A., Marganingsih, A., & Sirhi, S. (2023). Kecerdasan ekologis siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2330
Septiani, S. (2022). Internalisasi kecerdasan ekologis dalam konteks penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 12527–12533.
Setyowati, O. A., Purwanto, A., & Sarifah, I. (2024). The influence of Project-Based Learning and Eco-Literacy on Students’ Higher-Order Thinking Skills. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(7), 5838–5848. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i7.1336
Sholihat, E. L. (2023). Pengaruh model Project Based Learning terhadap ecoliteracy peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.20527/pakis.v3i1.6426
Simbolon, K., Hasyimi, T., Nuari, D., Harefa, M. S., & Hidayat, S. (2025). Dampak pembuangan sampah terhadap lingkungan di Pesisir Pantai Putra Deli. Studi Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 205-211.
Subroto, J. (2023). Mengenal kecerdasan manusia. Bumi Aksara.
Suhirman, S., & Yusuf, Y. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan naturalis terhadap pemahaman siswa tentang konversi lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3), 387–396.
Supriatna, N., & Maulidah, N. (2020). Pedagogi kreatif: Menumbuhkan kreativitas dalam pembelajaran sejarah dan IPS. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syafruddin Syafruddin, Eryuni Ramdhayani, Ummi Tsanyah Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.