Implementasi pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v7i1.93

Keywords:

STEM, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Ekskresi

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dikembangkan dalam pembelajaran Biologi di sekolah. Materi sistem ekskresi bersifat kompleks dan melibatkan proses fisiologis tingkat tinggi, sering kali menantang untuk dipahami secara konseptual. Pendekatan STEM dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran Biologi materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan di SMA N 1 Ngadirojo pada kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dua siklus pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dari pra siklus ke siklus I sebanyak 24%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus I ke siklus II sebanyak 26%. Kesimpulan dari PTK ini adalah pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngadirojo. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah adanya integrasi pendekatan STEM pada model pembelajaran tertentu dan implementasinya untuk meningkatkan kompetensi lain peserta didik.

Author Biographies

Rika Ayunta Dwilian, Universitas PGRI Madiun

Program Profesi Guru

Wachidatul Linda Yuhanna, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Biologi

R.Bekti Kiswardianta, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Biologi

References

Andajani, K. (2022). Modul pembelajaran berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.

Chen, Y. H., & Lin, Y. J. (2018). Validation of the short self-regulation questionnaire for Taiwanese college students (TSSRQ). Frontiers in Psychology, 9(MAR), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00259

Colln-Appling, C. V., & Giuliano, D. (2017). A concept analysis of critical thinking: A guide for nurse educators. Nurse Education Today, 49, 106–109. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.11.007

Damayanti, A. T., Pradana, B. E., Putri, B. P., & Laila, H. N. (2023). Literature review: Problematika kesiapan guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 465–471.

Dukalang, K. (2018). Managemen pendidikan tinggi tantangan dan permasalahannya pada abad Ke 21. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.760

Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., Rohmah, N. D., Putri, A. K., Arista, A. D., Sari, D. W., Komara, O. C. R., & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan pendidikan berpihak pada anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 117–124. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23049

Hacioglu, Y., & Gulhan, F. (2021). The effects of STEM education on the students’ critical thinking skills and STEM perceptions. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 7(2), 139–155. https://doi.org/10.21891/jeseh.771331

Halim, A. P., & Roshayanti, F. (2021). Analisis potensi penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 bidang studi biologi SMA kelas X. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 146–159. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6756

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan kognitif IPA pada pembelajaran tematik terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517.

Hesti, H., Prafitasari, A., & Zunaidah, E. (2023). Penerapan media book widget untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 2 Tanggul (Materi Sistem Reproduksi). Jurnal Biologi, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1962

Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A. (2022). Pelatihan penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran biologi bagi MGMP biologi Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881

Kang, N. H. (2019). A review of the effect of integrated STEM or STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) education in South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0034-y

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan hasil belajar dengan pendekatan pembelajaran culturally responsive teaching model probem based learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Misbah, M., Mahtari, S., Wati, M., & Harto, M. (2018). Analysis of students ’ critical thinking skills in dynamic electrical analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi listrik. Kasuari: Physics Education Journal, 1(2), 103–110.

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam pembelajaran abad 21. BIO EDUCATIO: (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 1365–1375. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Purwanti, I. (2024). Pengembangan media Kanobi (Kartu Uno Biologi) untuk melatihkan keterampilan berpikir analisis peserta didik Kelas XI SMA pada materi sel. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 187–196.

Putri, R. D., Yuhanna, W. L., & Kaminah, K. (2023). Implementasi project based learning terintegrasi poster untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas peserta didik kelas III SDN Hargosari 2. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 249–260.

Rizaldi, D. R., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. (2020). The correlation of digital literation and STEM integration to improve Indonesian students’ skills in 21st century. International Journal of Asian Education, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.36

Safriana, S., Irfan, A., & Iramadhani, D. (2023). Pendampingan creative teachers berbasis lesson study bagi guru IPA dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Community Development Journal, 4(4), 9346–9351. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/18712

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Tinenti, Y. R., Baunsele, A. B., Missa, H., & Tangi, H. (2019). Pemberdayaan guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP tahap lesson plan dalam sistim LSLC. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 234–242. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1446

Yuhanna, W. L., Retno, R. S., & Juwanita, J. (2017). Implementasi pembelajaran “Inquiry Small Research” untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 71–77. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1397

Yulianti, M., Retno, R. S., & Kusumawati, N. (2023). Pengembangan media flipbook digital berbasis literasi sains materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1432. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2559

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles