Implementasi pendekatan STEAM terintegrasi wordwall untuk meningkatkan literasi digital peserta didik pada materi perubahan lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v6i2.82Keywords:
STEAM, Worldwall, Literasi digitalAbstract
Literasi digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka menjadi komponen penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi digital peserta didik kelas X SMAN 1 Jiwan melalui pendekatan STEAM terintegrasi Wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 Jiwan. PTK ini menggunakan STEAM dan Problem Based Learning (PBL). Media yang digunakan adalah Wordwall game pada materi perubahan lingkungan. Populasi adalah kelas X sebanyak 126. Sampel adalah kelas XB sejumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi literasi digital peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan literasi digital dari siklus 1 dengan peserta didik pada kriteria sangat baik memiliki persentase 27%, kriteria baik dengan persentase 50%. Kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik adalah 27%, kriteria baik menjadi 63%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran STEAM terintegrasi Wordwall mampu meningkatkan literasi digital peserta didik kelas XB pada materi perubahan lingkungan.
References
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan wordwall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Azza, B. D., Ulfah, M., Hayat, M. S., & Rahayu, S. (2023). Analisis penggunaan game edukasi wordwall terhadap minat belajar peserta didik kelas xi materi ruminansia. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 300–307. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/15551/pdf
Djawad, Y., Suhaeb, S., & Jaya, H. (2018). Innovation in learning through digital literacy at vocational school of health. 201 (Aptekindo), 239–245. https://doi.org/10.2991/aptekindo-18.2018.53
Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106. https://www.learntechlib.org/primary/p/4793/
Febliza, A., & Oktariani. (2020). Pengembangan instrumen literasi digital bagi peserta didik dan guru. Jpk Unri, 5(1), 1–9. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPKUR
Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., Rohmah, N. D., Putri, A. K., Arista, A. D., Sari, D. W., Komara, O. C. R., & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan pendidikan berpihak pada anak di sanggar belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 117–124. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23049
Hadi, H., Nur’aini, N., Muliawan, W., & Marhamah, M. (2024). Pengaruh pembelajaran biologi berbasis steam terintegrasi literasi sains terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Cocos Bio, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.29408/cob.v9i1.26890
Halim, A. P., & Roshayanti, F. (2021). Analisis potensi penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada kurikulum 2013 bidang studi biologi SMA kelas X. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(2), 146-159. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6756
Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A. (2022). Pelatihan penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran biologi bagi MGMP biologi Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881
Khan, S. U. (2019). Digital Literacy as the predictor of voting behavior of the youth. Academy of Social Science Journals, 4(10). http://innovativejournal.in/index.php/assj/index
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan hasil belajar dengan pendekatan pembelajaran culturally responsive teaching model probem based learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Meizar, A., Eliawati, T., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis profil pelajar pancasila dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru sekolah menengah pertama. Journal of Character Education Society (JCES), 6(4), 638–649. https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.16294
Mu'minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) dalam pembelajaran abad 21. BIO EDUCATIO: (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 1365–1375. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Anggraini, O. (2020). Program edukasi urban farming penunjang kemandirian masyarakat di kelurahan Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(2), 129-136. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2396
Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi implementasi STEAM (science, technology, enginering, art, mathematic) dan integrasi aspek “art” STEAM pada pembelajaran biologi SMA. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 190–201. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5838/4336
Rizaldi, D. R., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. (2020). The correlation of digital literation and STEM integration to improve indonesian students’ skills in 21st century. International Journal of Asian Education, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.36
Sugita, D., Sabela, E., Sari, F. M., Idayanti, I., & Erika, F. (2014). Literatur review: Penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1). https://doi.org/10.51878/educational.v5i1.3652
Wa’alin, M. N., Usman, A., & Firmanto, A. (2023). Penerapan model PJBL (project based learning) untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dipadukan dengan wordwall. Jurnal Biologi, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1971
Wandraini, A., Wau, A., Putri, E. I., & Fitri, R. (2022). Implementasi STEAM (science , technology , engineering , arts , and mathematics) pada pembelajaran biologi. BioEdu Prosiding SEMNAS BIO 2022 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 938–946. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/529
Yanti, M. (2016). Determinan literasi digital maha peserta didik: kasus Universitas Sriwijaya [Determinants of students digital literacy: the case of Sriwijaya University]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(2), 79. https://doi.org/10.17933/bpostel.2016.140202
Yuhanna, W. L., & Retno, R. S. (2018). Pengembangan modul zoologi vertebrata terintegrasi scientific inquiry. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. 15 (1): 614-619). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32636
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi wordwall untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Agustin Fajarwati, Wachidatul Linda Yuhanna, Joko Widiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.