Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pemberian Tes Kecil (Kuis) Di Kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Suherman SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.13

Keywords:

Tes kecil (Kuis), IPA, Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPA  siswa melalui pemberian tes kecil (kuis) di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan  September dan November  pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020  pada siswa kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis yang berjumlah 23 siswa.  Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus  (45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan tes kecil (kuis) dalam belajar IPA  mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum pemberian tes kecil (kuis)  dapat meningkatkan hasil belajar IPA  di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.

Prayitno, Elida. 1989. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.

Sudirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyono.2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles