Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pemberian Tes Kecil (Kuis) Di Kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.13Keywords:
Tes kecil (Kuis), IPA, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui pemberian tes kecil (kuis) di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan September dan November pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 pada siswa kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis yang berjumlah 23 siswa. Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus (45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan tes kecil (kuis) dalam belajar IPA mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum pemberian tes kecil (kuis) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IX/1 SMPN 1 Ulakan Tapakis.
References
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.
Prayitno, Elida. 1989. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.
Sudirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyono.2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.