Implementasi Pembelajaran Aktif Role Playing (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Yanti MTsN 3 Kota Pariaman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.14

Keywords:

IPA, Role Playing, Sistem Reproduksi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020.   Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan  September dan November  pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020  pada siswa kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman yang berjumlah 23 siswa.  Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus  (45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%).  Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik pembelajaran aktif Role Playing dalam belajar IPA  pada materi Sistem Reproduksi Manusia mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum teknik pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA  Sistem Reproduksi Manusia di kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.

Prayitno, Elida. 1989. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.

Sudirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyono.2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles