Implementasi Pembelajaran Aktif Role Playing (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.14Keywords:
IPA, Role Playing, Sistem Reproduksi ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan September dan November pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 pada siswa kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman yang berjumlah 23 siswa. Alat pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa persentase. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data Pra Siklus (45.84%), pada siklus I (62.50%), dan siklus II (100%). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik pembelajaran aktif Role Playing dalam belajar IPA pada materi Sistem Reproduksi Manusia mengalami peningkatan dengan tindakan pemberian reward. Secara umum teknik pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA Sistem Reproduksi Manusia di kelas IX/3 MTsN 3 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.
Prayitno, Elida. 1989. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.
Sudirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyono.2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.