Pengembangan e-magazine untuk meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi pembelajaran virus
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.38Keywords:
Keterampilan argumentasi, e-magazine, Virus, Argumentation skillAbstract
Argumentasi merupakan bagaimana seseorang mengatasi setiap pertanyaan secara rasional, argumentasi terdiri dari claim, data, warrant, bacing dan rebuttal. Memasuki era digital dan kurikulum merdeka belajar peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan teknologi, teknologi yang digunakan yaitu media e-magazine. E-Magazine ini salah satu sumber belajar yang berisikan materi pembelajaran virus yang ditampilkan secara menarik dengan fitur yang lebih menarik seperti gambar, video, dan tampilannya yang tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan media e-magazine untuk melatih keterampilan argumentasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). menggunakan model ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2022. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Cibadak kelas X-1 sebanyak 33 orang. Berdasarkan hasil analisis tes keterampilan argumentasi diperoleh data peningkatan dalam level keterampilan argumentasi. Hasil uji validitas memiliki nilai 0,847 untuk soal pre test dan 0,876 untuk soal post test kemudian Rtabel memiliki nilai 0,344 hal ini masuk ke dalam kategori sangat valid untuk digunakan karena V ? 0,8. Berdasarkan nilai rerata pre test 2,182 dan post test 2,697 dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,83. Pengembangan media e-magazine menggunakan metode ADDIE. Dalam media e-magazine ini terdapat fitur-fitur yang dapat menarik perhatian peserta didik seperti background yang full color, gambar yang menarik, video pembelajaran, teka teki silang, pojok diskusi, dan info tentang penyakit virus.
References
Abelson, B. (2009), Flu Shots, Antibiotics, & Your Immune System, (online), http://www.drabelson.com/PDF/Flu.pdf, (diakses 05 April 2012).
Afandi, Tenriawaru, A. B., & Anita. (2021). Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) disertai Socioscientific (SSI). Jurnal Biologi Edukasi Edisi 26. 13, 6–16. http://jurnal.unsyah.ac.id/JBE
Ambarawati, D. S. H. E., Muslim, & Hernani. (2021). Analisis kemampuan argumentasi siswa smp pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 10(1), 13–17. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.29780. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri
Ardianto. (2015). Struktur Argumen Dalam Wacana Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal LITERA14(1). https:/jurnal.struktur-argumen.ac.id/org
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale And The Number Of Responses In Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp%0ASKALA
Ch., I. F., & Gusniarti, W. F. (2014). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Koloid Yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Jurnal Edu SAINS 6(1), 32–40. http://jurnal.inquiri-keterampilan-argumentasi.ac.id/165
Devi, N. D. C., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. (2018). Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(3), 141. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.23308
Farawansyah, K. I., (2021). The Development of Structured Assignment Sheet on Reaction Rate Materials to Train Argumentation Skills. Jurnal Chemistry Educaion Practice, 4 (3), 145. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2315
Fatmawati, D. R., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share Increasing The Argumentative Skill of Students through Action Research With Focus An Action of Think Pair Share. Jurnal Biology education Conference. 15(1958), 253–259.
Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Jurnal Biology Teaching and Learning 3(1), 38–45.
Halimah, A. N., Harlita, & Dwiastuti, S. (2020). Discovery Learning Disertai Pertanyaan Divergen Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Pembelajaran Biologi. EDUSAINS, 12(1), 1–8. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains
Haruna, A. (2021). Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 15(1), 2686–2694.
Heyne, K. (1987). Tumbuhan Berguna Jilid II. Yayasan Sarana Wana Jaya.
Hitchcock, D., & Verheij, B. (2006). Argumentation Library Volume 10 Series Editors. Springer the Library of Congress. Hamilton, Canada www.springer.com
Ibrahim, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Jurnal Refleksi Edukatika 8(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JNSI: Journal of Natural Science and Integration 3(2), 138–150.
Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Kesumah, D. (2020). Virus SMA Negeri 1 Rantau Alai. Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Ma’rifah, U. (2017). Pengembangan E-Magazine Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi Untuk Memberdayakan Kemampuan Berfikir Kritis. In Skripsi.
Majumder, P. 2011. Phytochemical Pharmacognostical And Physicochemical Standardization Of Peperomia Pellucida L. HBK. Stem Pharmacie Globale International Journal Of Comprehensive Pharmacy. 8(6).
Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148–160. http://ejoulnal.upi/index.php/jpis
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6(2301), 79–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet
Nuraida, N., Susanti, T., & Jailani, M. S. (2022). Desain E-Magazine Pada Mata Pelajaran Biologi Bermuatan High Order Thinking Skill (Hots) Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Biotek, 10(1), 83–101. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/index
Peleczar, M.J. & Chan, E.C.S. (1998). Dasar-Dasar Mikrobiologi (Translate: Hadioetomo). UI Press.
Prabu, B.D.R & Oswani, J. (1996). Penyakit – Penyakit Infeksi Umum. Widya Medika.
Pritasari, A. C., Dwiastuti, S., & Probosari, M. R. (2016). Peningkatan Kemampuan Argumentasi memali Penerapan Model problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA BAtik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi 8(1), 1–7.
Puri, D. N. A., Epinur, & Muhaimin. (2019). Pengembangan E-Magazine Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Kota Jambi Development of E-Magazine Chemical Equilibrium Material in SMAN 1 Jambi City. The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.22437.jisic.v10il.6733
Putri, F. D. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berargumentasi Pada Materi Impuls Dan Momentum. Jurnal Ilmiah Kependidiakan, 14(1), 44–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Ulfiyani Ramli, Surti Kurniasih, Desti Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.