Peningkatan keterampilan belajar abad ke-21 siswa melalui pendekatan salingtemas berbasis video youtube tentang lanskap budaya Subak

Authors

  • Kadek Fera Megantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Putu Kaler Surata Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ari Arjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.39

Keywords:

21st-century learning skills,, science, technology, social and environment approach, communication and collaboration, critical and creative thinking, SALINTTEMAS, Keterampilan Abad 21

Abstract

Kemajuan pengetahuan di dunia pendidikan ternyata belum sepenuhnya mengadaptasi konteks budaya lokal sebagai lingkungan terdekat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21 siswa, pemahaman melalui pembelajaran pendekatan salingtemas dengan media video YouTube lanskap budaya subak. Penelitian dengan desain pra-eksperimen pada dilakukan pada siswa kelas X IPA di salah satu SMAN di Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan salingtemas dengan media belajar video YouTube meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21, yang mencakup kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital. Hal tersebut mengindikasikan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21 siswa, pemahaman, dan apresiasi terhadap budaya lokal.

Author Biographies

Kadek Fera Megantari, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Pendidikan Biologi

Ida Bagus Ari Arjaya, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Pendidikan Biologi

References

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791

Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologis Siswa Kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 92–102.

Binadja, A. & Nuryanto. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 552-556. https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1312

Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kadek, N., Adiningsih, D., Wayan, A. I., & Yuda, I. (2023). Multimedia Interaktif Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak Siswa Kelas V SD. Gamification And Emerging Technologies in Education, 1(1), 1.

Kalinggoru, D.K., Budiningsih, D.K., Arjaya, I.B.A. (2018). Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Santiaji Pendidikan, 8(1), 28-36. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i1.160

Lamb. S. (2017). Key Skills for the 21st Century: An Evidence-Based Review. Victoria University.

Lansing, J.S., Thurner, S., Chung, N.N., Coudurier-Curveur, A., Karaka?, C., Fesenmyer, K.A. & Chew, L.Y. (2017). Adaptive self-organization of Bali’s ancient rice terraces. PNAS, 114, 6504-6509. https://doi.org/10.1073/pnas.1605369

Lietaer, B., & De Meulenaere, S. (2003). Sustaining cultural vitality in a globalizing world: the Balinese example. International Journal of Social Economics, 30(9), 967 – 984. https://doi.org/10.1108/03068290310487531

Pramesthi, A.D & Purnomo, T. (2020). Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Salingtemas Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 21-25.

Prasetya, T., & Puspawati, D. A. (2013). Korelasi Antara Perilaku Berkelompok Dan Hasil Presentasi Peta Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Modul Etnosains Subak. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 163–177. https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.492

Suriyanto, S. & Alinata, S. R. (2015). Penerapan Pendekatan Salingtemas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 20-25.

Nisak, M.N., Wartono, & Suwono, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry berbasis Salingtemas terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 113—120.

Jumanto & Prihatsari, E.B. (2018). Pengaruh Metode Tutor Sebaya berbasis Video YouTube Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD UNISRI. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 28-36.

Rumyeni, & Arfiko, Y. (2018). Pengaruh Pesan Dakwah pada Channel YouTube Yufid TV terhadap Motivasi Belajar Ilmu Agama Islam. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1-8.

Rahim, R.A. & Rahim, A. (2020). Penggunaan Media Video YouTube “Demi Raga yang Lain” dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Daring Puisi Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 22-28.

Surata, S.P.K., Puspawati, D.A., Ariati, P.E.P. & Putri, I. G.A.G.E. (2022). The ecological views of the Balinese toward their subak cultural landscape heritage. Environment, Development and Sustainability, 24, 12994-13010.

Surata, S. P. K. & Vipriyanti, N.U. (2018). The subak cultural landscape as environmental education: Knowledge, attitudes, and experiences of Balinese teachers, student teachers, and students. The Journal of Environmental Education 49, 59-70. Https://doi.org/10.1080/00958964.2017.1406890.

Surata, S.P.K. (2013). Pembelajaran Lintas Budaya: Penggunaan Subak sebagai Model “Ecopedagogy”. Jurnal Kajian Bali, 3(2), 181-198.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles