Peningkatan keterampilan belajar abad ke-21 siswa melalui pendekatan salingtemas berbasis video youtube tentang lanskap budaya Subak
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.39Keywords:
21st-century learning skills,, science, technology, social and environment approach, communication and collaboration, critical and creative thinking, SALINTTEMAS, Keterampilan Abad 21Abstract
Kemajuan pengetahuan di dunia pendidikan ternyata belum sepenuhnya mengadaptasi konteks budaya lokal sebagai lingkungan terdekat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21 siswa, pemahaman melalui pembelajaran pendekatan salingtemas dengan media video YouTube lanskap budaya subak. Penelitian dengan desain pra-eksperimen pada dilakukan pada siswa kelas X IPA di salah satu SMAN di Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan salingtemas dengan media belajar video YouTube meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21, yang mencakup kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital. Hal tersebut mengindikasikan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar abad ke-21 siswa, pemahaman, dan apresiasi terhadap budaya lokal.
References
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologis Siswa Kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 92–102.
Binadja, A. & Nuryanto. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Salingtemas Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 552-556. https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1312
Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kadek, N., Adiningsih, D., Wayan, A. I., & Yuda, I. (2023). Multimedia Interaktif Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak Siswa Kelas V SD. Gamification And Emerging Technologies in Education, 1(1), 1.
Kalinggoru, D.K., Budiningsih, D.K., Arjaya, I.B.A. (2018). Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Santiaji Pendidikan, 8(1), 28-36. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i1.160
Lamb. S. (2017). Key Skills for the 21st Century: An Evidence-Based Review. Victoria University.
Lansing, J.S., Thurner, S., Chung, N.N., Coudurier-Curveur, A., Karaka?, C., Fesenmyer, K.A. & Chew, L.Y. (2017). Adaptive self-organization of Bali’s ancient rice terraces. PNAS, 114, 6504-6509. https://doi.org/10.1073/pnas.1605369
Lietaer, B., & De Meulenaere, S. (2003). Sustaining cultural vitality in a globalizing world: the Balinese example. International Journal of Social Economics, 30(9), 967 – 984. https://doi.org/10.1108/03068290310487531
Pramesthi, A.D & Purnomo, T. (2020). Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Salingtemas Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 21-25.
Prasetya, T., & Puspawati, D. A. (2013). Korelasi Antara Perilaku Berkelompok Dan Hasil Presentasi Peta Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Modul Etnosains Subak. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 163–177. https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.492
Suriyanto, S. & Alinata, S. R. (2015). Penerapan Pendekatan Salingtemas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 20-25.
Nisak, M.N., Wartono, & Suwono, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry berbasis Salingtemas terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 113—120.
Jumanto & Prihatsari, E.B. (2018). Pengaruh Metode Tutor Sebaya berbasis Video YouTube Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD UNISRI. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 28-36.
Rumyeni, & Arfiko, Y. (2018). Pengaruh Pesan Dakwah pada Channel YouTube Yufid TV terhadap Motivasi Belajar Ilmu Agama Islam. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1-8.
Rahim, R.A. & Rahim, A. (2020). Penggunaan Media Video YouTube “Demi Raga yang Lain” dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Daring Puisi Siswa Kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 22-28.
Surata, S.P.K., Puspawati, D.A., Ariati, P.E.P. & Putri, I. G.A.G.E. (2022). The ecological views of the Balinese toward their subak cultural landscape heritage. Environment, Development and Sustainability, 24, 12994-13010.
Surata, S. P. K. & Vipriyanti, N.U. (2018). The subak cultural landscape as environmental education: Knowledge, attitudes, and experiences of Balinese teachers, student teachers, and students. The Journal of Environmental Education 49, 59-70. Https://doi.org/10.1080/00958964.2017.1406890.
Surata, S.P.K. (2013). Pembelajaran Lintas Budaya: Penggunaan Subak sebagai Model “Ecopedagogy”. Jurnal Kajian Bali, 3(2), 181-198.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadek Fera Megantari, Sang Putu Kaler Surata, Ida Bagus Ari Arjaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.