Pengaruh penggunaan peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X

Authors

  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Nofi Nofi Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v5i2.47

Keywords:

Mind Map, Jigsaw, Hasil belajar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Semester 2 Kecamatan 2X11Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 7 kelas. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Instrumen berupa tes hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Soal dengan lima alternatif pilihan ganda yang telah diujicobakan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji-t untuk sampel yang berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,88 dan kelas kontrol 65,53. Uji statistik pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel maka hipotesis H1 diterima. Model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan afektif dan psikomotorik siswa. Nilai rata-rata afektif kelas eksperimen 85,36 sedangkan kelas kontrol 66,91. Begitu juga dengan nilai psikomotorik kelas eksperimen 77,9% dan 63,2% kelas kontrol. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN.

Author Biographies

Wince Hendri, Universitas Bung Hatta

Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nofi Nofi, Universitas Bung Hatta

Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Dahar, R. W. (1991). Teori-teori Belajar. Glora Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Ibrahim, M. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Bumi Aksara.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Grasindo.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Universitas Negeri Padang.

Nirwana, H. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri padang

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenada Media.

Sari, F. (2007). Pengaruh Penerapan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA Semester I Siswa SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2006/2007. Universitas Negeri Padang.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Theory research and Practice. Boston Allyn and Baccon Publisher.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Subali, B. (2002). Individual textbook, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Biologi. FMIPA UNY.

Sudijono. A. (1995). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Rajagravindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Tarsito.

Suryabrata, S. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Raja Kindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles