PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.5Keywords:
Pengaruh. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar biologi siswa yang dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA SMAN 4 Bukittinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 4 Bukittinggi dengan sampel penelitian berjumlah 60 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling danmenghasilkan dua kelas sampel yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah soal tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match mempengaruhi hasil belajar biologi siswa dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 74.67 lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol 68.67. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan ?=0.05 diperoleh thitung(2.34) lebih besar dari ttabel(1.68). Saran dari penelitian ini adalah diharapkan dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diberikan intruksi model ini lebih diperjelas dengan rinci supaya siswa tidak bingung dalam melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran ini.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Haris dan Jihad .2013 . Evaluasi Pembelajaran .Yogyakarta : Multi Pressindo
Mikran .2012 . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make AMatch untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KelasVIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak . Diakses tanggal 20 Januari 2017
Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Wena, Made .2013 . Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer . Jakarta Timur : PT Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.