PENERAPAN METODE MIND MAPPINGTERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA PGRI 1 PADANG

Authors

  • Serly Restu Fauziah Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.9

Keywords:

Pembelajaran IPA, Mind Mapping, hasil belajar.

Abstract

Belajar antara siswa yang diajar   Mapping dan yang diajar dengan pembelajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kelas eksperimen dan kelas control dan melihat pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel secara acak yang dinamakan juga simple random sampling, maka didapatkan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 73.53 dan kelas kontrol 38.69. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung8.45> ttabel 1.68 (? 0.05), berarti H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil an konvensional. Pembelajaran dengan metode Metode Mappingini memberikan ketuntasan terhadap hasil belajar siswa sebesar 85%. Pembelajaran dengan metode Mind Mappingini merupakan teknik baru dalam strategi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru, sehingga dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: BumiAksara. 2006.,Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: RinekaCipta, 2006). Buzan, Tony. BukuPintar Mind Map. Jakarta: GramediaPustakaUtama. 2010.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta. 2005.

Djamarah, S. B. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (edisirevisi).Jakarta: RinekaCipta.

Djamarah, S. B. danZain A. 2006.Strategi Belajar Mengajar (edisirevisi).Jakarta: RinekaCipta.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara. 2001.

Hasbullah, Thabrany. Rahasia Sukses Belajar.Jakarta: GrafindoPersada. 1995.

L. Silberman, Malvin. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. 2009.

Porter, Bobbi De. Dkk. Quantum Teaching.Bandung: Kaifa 1999.

Purwanto, M.Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja RosdaKarya.2007.

Riyanto,Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Media Group. 2009.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:RinekaCipta. 2003.

Sudijono.Anas,Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:PT Raja GrafindoPersada.

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D. Bandung:PenerbitAlfabeta.

Suryabrata,Sukmadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo 2005.

Windura, Sutanto. Mind Map langkah demi langkah.Jakarta: PT Elex Media Kompitindo.2010

Winkel, W. S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia:1987.

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles