PENGEMBANGAN HANDOUT DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP N 15 PADANG

Authors

  • Fitria Romadona Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.7

Keywords:

Handout Crossword, Validity, Practicality and Effectiveness.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout dengan teka-teki silang pada pembelajaran biologi materi global di SMP N 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 3-D Model yaitu define (definisi), design (desain), dan develop (pengembangan). Handout yang dikembangkan divalidasi oleh validator yang terdiri dari 2 dosen dan 1 guru, dan untuk kepraktisan dilakukan oleh 1 guru mata pelajaran IPA dan 31 siswa kelas VII SMP N 15 Padang. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada validator dan pratikator. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas, kepraktisan dan hasil ulangan harian siswa, kemudian data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil handout dengan tingkat validasi dosen dan guru sebesar 92,92% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan handout dari guru sebesar 92,06% dengan kriteria sangat praktis dan praktik handout dari siswa sebesar 90,78% dengan kriteria sangat praktis. sedangkan efektivitas penggunaan handout ini adalah 84,52. Kriteria bahan ajar berupa handout yang dilengkapi dengan teka-teki silang pada pembelajaran biologi materi pemanasan global sangat valid dan sangat praktis. Dalam artian handout yang dikembangkan mudah digunakan, bermanfaat dan waktu belajar menjadi lebih efisien.

References

Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi. UNP: Pers.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alvabeta.

Siberman, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Jakarta: Nusa Media.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implemetasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta :Kencan

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles