ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.4Keywords:
Efektivitas, Laboratorium, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan praktikum dengan masing-masing indikator dan efektivitas pelaksanaan praktikum di laboratorium dengan hasil belajar pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penentuan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian adalah keefektifan pelaksanaan praktikum dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan indikator adalah 76,48% dengan interpretasi efektif, indikator memperkuat pemahaman siswa 77,81%, menghasilkan sikap ilmiah 79,96%, pelatihan praktik praktikum 75,77%, pemanfaatan peralatan laboratorium secara rasional 78,90% kerja keterampilan keselamatan 82,49%, alokasi frekuensi dan waktu laboratorium 65,30%, dan kegiatan praktik akhir 75,15%,. Analisis korelasi dengan menggunakan SPSS 17.00 Product Moment diperoleh (y = 80,56 + 0,068x) r = 0,086 (? = 0,05) atau 8,6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara variabel efektivitas praktik dengan hasil belajar.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penilitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi 2012. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hastuti, A. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Sainstek UIN SunanKalijaga.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar & Pratiknya. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Mastika, Nyoman, Adyana, Putu dan Gusti. 2014. Analisis Standarisasi Laboratoriu Biologi Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negri Kota Denpasar. (Online). (http://jurnal.upi.edu/file/15-pdf). Diakses 06 Januari 2017
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukardi. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.