ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGENAI SISTEM ORGAN PADA KELAS XI IPA DI SMA PERTIWI 1 PADANG

Authors

  • Sri Hartiningsih Jasum Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i1.8

Keywords:

Analisis, pemahaman, konsep siswa, sistem pencernaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa tentang sistem organ pencernaan, mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan jenis kelamin dan hubungan pemahaman konsep siswa tentang sistem organ pencernaan dengan fasilitas pembelajaran serta motivasi orang tua dalam kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode sampling menurut Morgan & Krejcie, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket melalui uji validasi dengan 12 item pernyataan kemudian dihitung dengan mencari rerata dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman konsep pada indikator makanan rata-rata 3,33, organ penyusun sistem pencernaan rata-rata 3,95, dan indikator gangguan dan gangguan sistem pencernaan rata-rata 3,61. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa tentang sistem organ pencernaan, mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan jenis kelamin dan hubungan pemahaman konsep siswa tentang sistem organ pencernaan dengan fasilitas pembelajaran serta motivasi orang tua dalam kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode sampling menurut Morgan & Krejcie, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket melalui uji validasi dengan 12 item pernyataan kemudian dihitung dengan mencari rerata dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman konsep pada indikator makanan rata-rata 3,33, organ penyusun sistem pencernaan rata-rata 3,95, dan indikator gangguan dan gangguan sistem pencernaan rata-rata 3,61. Secara keseluruhan indikatornya adalah 3,63 dengan kategori pemahaman siswa tentang sistem organ sistem pencernaan tergolong. Pada analisis pemahaman konsep siswa berdasarkan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa tentang sistem pencernaan organ pada pria dan wanita. Analisis korelasi menggunakan SPSS 16.00 Product Moment, diperoleh r = 0,01 (? = 0,05) untuk korelasi pemahaman konsep siswa dengan fasilitas belajar sedangkan analisis korelasi pemahaman konsep siswa dengan motivasi belajar diperoleh r = 0,008 (? = 0,05 ) menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pemahaman konsep siswa tentang sistem organ pencernaan dengan fasilitas belajar serta motivasi orang tua.

References

Aunurrahman. 2012. BelajardanPembelajaran. Bandung : Alfabeta

Dewi Masruroh, Roiladan Puguh Karyanto. 2014. StudiKomparasiPemahamanKonsepSistemPernapasanManusiaMelaluiPenerapanPembelajaranKontruktivisme. Surakarta: Journal SEMBIO UNS. ISSN: 1693-2654. Volume 7 No 1.

Hamalik, Oemar. 2007. KurikulumdanPembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Jalius, Ellizar. 2012. Pengembangan Program Pembelajaran.Padang : UNP Press

Nur Kholifah, Arifiana danYudi Rinanto. 2015. KajianPenerapan Model Guide Discovery Learning Disertai Concept Map terhadapPemahamanKonsepSiswa. Surakarta: Journal SEMBIO UNS. ISSN : 2252-6897. Volume 4 No 1.

Sagala, Syaiful. 2012. KonsepdanMaknaPembelajaran. Bandung : Alfabeta

Santosa, Slamet. 2006. PerilakuSeksualDitinjaudariPemahamanKonsepReproduksiManusia, PerhatiaanOrangtua, danJenisKelaminSiswa SMA Negeri 5 Surakarta.Surakarta : Journal SEMBIO UNS. ISSN: 1693-265X. Volume 3 No 1.

Wicaksono, Pekik. 2012. Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Beljara dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012.Yogyakarta : UNY

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles