Analisis pelaksanaan penilaian hasil belajar biologi siswa SMA se-Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten OKI pada masa pandemi Covid-19

Authors

  • Untari Untari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Tutik Fitri Wijayanti Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Saleh Hidayat Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v5i2.49

Keywords:

Hasil belajar, Penilaian, Pembelajaran daring

Abstract

Pada saat terjadi pandemi Covid-19 beredarnya surat edaran bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan penilaian hasil belajar biologi siswa SMA se-Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri atas 2 kepala sekolah, 2 guru biologi, 113 peserta didik UPT SMAN 12 OKI dan 45 peserta didik UPT SMAN 25 OKI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut: (1) Penilaian sikap menggunakan teknik observasi, penilaian pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis dan penugasan, penilaian keterampilan menggunakan teknik penilaian praktik, proyek dan produk, (2) Penilaian sikap dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, penilaian pengetahuan dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google form dan Google classroom, penilaian keterampilan dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp, (3) Hambatan dalam penilaian adalah sulitnya menilai aspek sikap serta tidak semua aspek sikap dapat diamati dan dinilai secara daring, peserta didik susah mengumpulkan tugas, peserta didik terlambat bahkan tidak mengumpulkan tugas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian hasil belajar biologi siswa SMA se-Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten OKI pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring.

Author Biographies

Untari Untari, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

Tutik Fitri Wijayanti, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

Saleh Hidayat, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

References

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assesment in Distance Learning in emergencies of Coronavirus Disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Allimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Karakter (hal. 24-33). Makasar: Universitas Negeri Makassar.

Amelia, S., Tursina, T., Nikmah, S., & Sofyan, F. A. (2020). Sistematika penilaian auentik dalam pembelajaran daring di rumah lewat elevisi saat terjadinya Covid-19. Wahana Didaktika, 18(2), 120-131. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4141

Anderson, L. W., & Kratwohl, D. R. (2014). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assesment. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan hasil belajar IPA materi kenampakan rupa bumi menggunakan model Scrambel. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134-140. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungang belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Of Sainstek, 8(1), 77-84. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443

Devi, S. A., & Purnomo, H. (2021). Penyelesaian permasalahan penilaian ranah aktif dalam pembelajaran jarak jauh. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 118-129. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.18721

Dharmadji, A. (2014). Ranah afektif dalam evaluasi pendidikan agama islam, penting tapi sering diabaikan. El-Tarbawi, 7(1), 13-25. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art2

Fadli, M. Z., & Hidayati, R. N. (2020). Penilaian ranah afekf pembelajaran pendidikan agama islam melalui aplikasi whatsapp group. Journal of Islamic Education Policy, 5 (2), 99-110. https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1351

Fajarini, M. W., Subtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Studi kasus penerapan penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 336-255. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Haryono, A. (2013). Pengaruh persepsi proses pembelajaran, penilaian dan status sosial ekonomi terhadap literasi ekonomi siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 9-17.

Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35. https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.239

Hernanto, M. D., Atmojo, I. R., & Ardiasyah, R. (2020). Persepsi orang tua peserta didik kelas IV SD terhadap platform pembelajaran dalam jaringan (Daring) IPA selama masa pandemi. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 34-39. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v7i1.49302

Irfan, M. (2020). Analisis pelaksanaan penilaian oleh guru biologi SMAN di Kabupaten Barru. BIOMA, 2(1), 29-35.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Khasanah, Nasan, E., & Jus'aini. (2021). Efektifitas media whatsapp group dalam pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 40-65. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339

Kisno, Turmudi, & Fatmawati, N. (2020). Penilaian pembelajaran matermatika di Sekolah Dasar selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Perempuan dan Anak, 4(1), 97-110. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.97-110

Kurniati, E., Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2021). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 5(1), 241-256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusaeri. (2018). Penilaian sikap dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588

Luqianingrum, W., & Zulfiati, H. M. (2020). Analisis pelaksanaan penilaian pada pembelajaran tematik bermuatan IPS kelas IV SD Negeri 1 Sekarsuli Bantul. Wacana Akamedika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 113-120. https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.8473

Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan pembelajaran dan penilaian secara online di masa pandemi SDN Karang Tengah 06 Tangerang. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 393-409.

Mu'minah, L. H., & Sugandi, M. K. (2020). Pemanfaatan aplikasi whatsapp group sebagai media pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Bio Education, 6(1), 68-81.

Muzadi, A. H., & Widodo, W. (2021). Analisis pelaksanaan assesmen pembelajaran IPA di SMPN 01 Gresik selama pembelajaran online masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 213-219.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinasi hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Management Perkantoran, 1(1), 128-135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurjannah, A. (2019). Penilaian sikap berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 33-42. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.40

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar. (2018). Hubungan kondisi keluarga dengan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(2), 98-102. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles