Implikasi penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi: Systematic literature review
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v6i2.55Keywords:
Biologi SMA, Teams Games Tournament, Hasil belajarAbstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam membelajarkan biologi secara menyenangkan. Model pembelajaran TGT dalam pembelajaran biologi dirancang untuk berkolaborasi dalam kelompok kecil yang heterogen. Melalui kolaborasi, diskusi dan bermain bersama diharapkan efektif meningkatkan kemampuan akademik dan kemampuan sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran biologi dengan model TGT di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai jurnal yang diperoleh, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran biologi dengan model pembelajaran TGT di tingkat SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA.
References
Adnyana, M. E. (2020). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 322–334. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1893
Aljahid, T. I., Paujiah, E., & Suhada, I. (2022). Respon siswa terhadap model pembelajaran. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(2), 173–179.
Dewi, N. K., & Saifuddin, M. F. (2022). High school biology learning media during the COVID-19 pandemic in Indonesia: Systematic literature review. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 92–102. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.59994
Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 12(1), 14–22.
Haryati, E. (2020). Efektivitas pembelajaran biologi dengan model TGT (Teams Games Tournament) berbantuan CD (Compact Disk) pembelajaran. Syntax Idea, 2(3), 26–31. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i3.155
Hidayat, I. (2019). 50 strategi pembelajaran populer. Diva Press.
Mualimin, M. (2020). Pengembangan nilai islami peserta didik melalui integrasi Al-Qur’an dan Hadis dalam pembelajaran biologi. Humanika, 20(2), 129–146. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.29299
Nehru, O. (2022). Meningkatkan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa SMAN 2 Woha tahun pelajaran 2021/2022. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss1.83
Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2664
Nurhidayah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 226–239. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.670
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Rahmawati, S., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Analisis penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik integratif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3826–3831.
Rosady, F., Lisa, Y., & Supiandi, M. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 2 Kelam Permai tahun pelajaran 2016/2017. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.207
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pandawa, 2(2), 278–288.
Sari, A., Ibrahim, M. M., & Idris, R. (2021). Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Biotek, 9(2), 196. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.23636
Sofyan, E. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar biologi. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 227–236. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1270
Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236–243. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1260
Triyanti, M., & Nulhakim, U. (2018). Upaya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.246
Wahono, R. S. (2015). A systematic literature review of software defect prediction: Research trends, datasets, methods, and frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1), April 2015.
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru MI/SD. CV Widya Puspita.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adenin Kamelia Elbayani, Zalva Nabilla Gunawan, Elfaza Nazda Rizqi Firdausi, Dian Noviar, Runtut Prih Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.