Lesson plan berbasis model example non example pada materi hereditas: sebuah riset dan pengembangan
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v6i2.58Keywords:
Lesson plan, Example non example, RnD, ADDIEAbstract
Pembelajaran sangat membutuhkan lesson plan, terutama untuk materi yang sulit dan abstrak seperti pada materi hereditas. Padahal materi tersebut sangat dekat dengan kehidupan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lesson plan yang praktis pada materi hereditas di tingkat SMA/MA. Penelitian ini adalah jenis RnD dengan menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian di MAN Demak dengan subjek penelitian guru biologi dan siswa. Sampel diambil dari siswa kelas XII IPA-1. Data penelitian berasal dari pengamatan di lokasi dengan menganalisis keterlaksanaan lesson plan dan kelengkapan lesson plan dengan form analisis kelayakan RPP. Analisis data menggunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan analisis kelengkapan lesson plan sebesar 100% dan langkah-langkah dalam lesson plan terlaksana dengan persentase 78,26%. Sehingga lesson plan berbasis model example non example pada materi hereditas adalah layak untuk digunakan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan guru dalam mengembangkan lesson plan berbasis model example non example yang layak.
References
Darwis, M. (2022). Peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan examples non examples. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 7(2), 268–271. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/9039/0
Daud, N. A., Lukum, A., & Pikoli, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran POE untuk meremediasi miskonsepsi siswa sd pada konsep cahaya. Normalita: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/476
Fikri, A. A., & Famelia, V. (2023). Pengembangan lesson plan berbasis model discovery learning pada materi pembelahan sel di tingkat MA/SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikandan Pembelajaran Biologi, 7(1), 56–64. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.56-64
Hapsari, T. R., Rambitan, V. M. M., & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran berbasis model examples non examples dan permasalahan siswa terkait hasil belajar biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 204–209. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10529
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan agama islam. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–27. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Jalil, M., Fikri, A. A., & Asyhari, A. (2022). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran. Farha Pustaka.
Jamaludin, D. N. (2019). Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis integrasi keilmuan islam pada kurikulum 2013. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.10572
Laoli, K. A., & Zega, N. A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 595–602. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18448
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan metode pembelajaran example non example untuk meningkatkan keefektifan dan hasil belajar dasar-dasar permesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2866
Malinda, D., Panjaitan, R. L., & Sujana, A. (2017). Penggunaan pendekatan discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak benda berdasarkan penggunaannya. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 351–360. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10670
Maryono. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran example non example. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 7(2), 50–58. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2303
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2007). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Nomor 41 Tahun 2007.pdf
Nasir, M., & Rahmawati, A. (2022). Penerapan strategi pembelajaran induktif untuk meningkatkan penguasan materimata pelajaran biologi siswa SMP Negeri 3 Bolo Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss1.81
Putra, R. H., Asrial, A., & Marzal, J. (2021). Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran model problem based learning daring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(1), 84–94. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11775
Rahayu, I. N., & Fikri, A. A. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model ekspositori media power point pada sub materi protista mirip jamur di MA/SMA. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6247
Sabat, D. R., Setiati, N., & Indriyanti, D. R. (2015). Pengembangan pembelajaran bermodelkan example non example berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 44(1), 24–32. https://doi.org/10.15294/lik.v44i1.6666
Soenarno, S. M., & Sari, T. A. (2020). Penerapan model example non-example untuk peningkatan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran biologi sel. SINASIS: Prosiding Seminar Nasional Sains, 181–185. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4010
Trisnawati, D. R., Kuntjoro, S., & Faizah, U. (2016). Keterlaksanaan RPP dan keterlaksanaan LKS berorientasi pendekatan saintifik (5M) materi pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya. Bio Edu: Berkala Ilmiah Pendidikan BiologiEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 384–389. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/19427
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, K. V. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media evaluasi thatquiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.131-154
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helian Nikasari, Achmad Ali Fikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.