Penerapan LKPD praktikum biologi pada materi perubahan lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v7i1.62Keywords:
Peningkatan, Hasil Belajar, Implementasi, LKPD, BiologiAbstract
LKPD yang baik bisa mendorong peserta didik berpikir kritis, mengembangkan keterampilan sains, dan membuat proses belajar biologi lebih hidup dan interaktif yang diharapkan mampu membuat hasil belajar menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD praktikum biologi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Digunakan pendekatan pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dalam penelitian ini. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil paired sample t-test menunjukkan bahwa thitung>ttabel dengan nilai 1,824>1,779 yang berarti H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik setelah penerapan LKPD praktikum biologi pada materi perubahan lingkungan. Kesimpulannya penerapan LKPD praktikum Biologi pada materi perubahan lingkungan terbukti membuat hasil belajar peserta didik menjadi meningkat yang dilihat kenaikan nilai pada post-test.
References
Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis SALINGTEMAS (sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224-243. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885
Dewi, H. T. C. R., & Prastiwi, M. S. (2024). Pengaruh LKPD berbasis Model problem based learning untuk melatih kesadaran pelestarian lingkungan peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(3), 747-753. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/63276
Elista, C. E., & Kuntjoro, S. (2020). Validitas LKPD Perubahan lingkungan berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas x SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 535-544. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p535-544
Haratua, C. S., Siswanto, U., Setiono, W. B., Sahrial, F., & Hamid, H. (2024). Peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui pengembangan LKPD berbasis directed activities related to texts. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(2), 187-196. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i2.3634
Hidayati, N., & Iskandar, J. (2019). Hubungan antara praktikum dan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 201-210.
Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H. R., Madalena, D. K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi di sekolah urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216-224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940
Masruri, M. (2020). Identifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi dan alternatif solusinya di SMA Negeri 1 Moga. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5259
Mulia, S., & Murni, S. (2022). Implikasi pembelajaran praktikum ilmu pengetahuan alam dalam kemajuan kognitif peserta didik. Science Education Research (Search) Journal, 1(1), 1–11. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser/article/view/1232
Nasution, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan hasil belajar. Gramedia Pustaka Utama.
Novianti, F. H. (2021) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) praktikum berbasis guided inquiry untuk SMA kelas XI pada konsep sistem pernapasan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Pratiwi, E. P., Halang, B., & Widiyastuti, D. A. (2024). Pengembangan e-handout konsep perubahan lingkungan kelas X SMA berbasis flipbook. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6345–6358. https://edukatif.org/edukatif/article/view/7642 Purwanti, S. (2019). Praktikum biologi: Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran biologi. Penerbit Andi.
Rahmah, N., Iswadi, I., Asiah, A., Hasanuddin, H., & Syafrianti, D. (2021). Analisis kendala praktikum biologi di Sekolah Menengah Atas. Biodik, 7(2), 169–178. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12777
Firmansyah, R., Ernalida., Putri, I., Sari, I. (2025). Implementasi model project based learning berbantuan LKPD interaktif berbasis liveworksheets untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 238 Palembang. FingeR: Journal of Elementary School, 4(1), 22-34.
Sari, D. S., Auliandari, L., & Nawawi, S. (2020). Pelaksanaan praktikum pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Bingin teluk dengan analisis model rasch. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 45-50. https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/3300
Solin, J., H., Putra, A., P., & Hardiansyah. (2022). Pengaruh LKPD berbasis culture literacy digital wetland (CLDW) pada konsep perubahan lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 3(1), 9-15. https://doi.org/10.20527/jbse.v3i1.74
Sholihah, F. N., & Anantyarta, P. (2021). E-Learning dalam pembuatan miniatur ekosistem untuk melatih keterampilan proses mahasiswa melalui discovery learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 45–53. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16020
Sulfiyah, & Cahyaningsih, U. (2021). Pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 3, 272–273. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/606/490
Susilo, R. (2021). Efektivitas LKPD berbasis problem-based learning pada pembelajaran sains di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 23-30.
Trianto, T. (2018). Model pembelajaran terpadu dalam kurikulum 2013: Teori dan praktik. Pustaka EduMedia
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran berbasis praktikum: upaya mengembangkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran biologi. Nizhamiyah, 6(1), http://doi.org/10.30821/niz.v6i1.29
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khoirunisa Ainul Fatihah, Nadiah Danisha Putri, Nabilah Aisyah Putri, Salsabila Rahmanita, Agus Jaya, Ade Suryanda, Dini Safitri, Fitria Pusparini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.