Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa tentang pencemaran lingkungan sebagai bahan penyusunan media pembelajaran biologi
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v6i2.91Keywords:
Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Pencemaran LingkunganAbstract
Semua bentuk masalah lingkungan hidup yang dihadapi saat ini di dunia, lebih banyak disebabkan oleh sikap dan perilaku manusia terhadap lingkungan hidupnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa tentang pencemaran lingkungan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa 70%, lebih tinggi dari sikap 55% dan perilaku 47%. Namun semuanya saling berhubungan antara pengetahuan dengan sikap sig. 0,466, pengetahuan dengan perilaku sig. 0,434, sikap dengan perilaku sig. 0,330 dan bersamaan pengetahuan, sikap terhadap perilaku sig. 0,753, yang artinya bahwa secara bersamaan sangat erat hubungannya terhadap perilaku mahasiswa tentang pencemaran lingkungan. Hasil penelitian ini juga berpotensi sebagai desain media pembelajaran biologi.
References
Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Physics Education and Applied Physics, 3(1). https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Azhar, B., Basyir, D., & Alfitri. (2015). Hubungan pengetahuan dan etika lingkungan dengan sikap dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36–41. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
Azwar, S. (2011). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Bolisani, E., & Bratianu, C. (2018). The elusive definition of knowledge. In E. Bolisani & C. Bratianu (Eds.), Emergent knowledge strategies (pp. 1–22). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-60657-6_1
Bronfman, N. C., Cisternas, P. C., López-Vázquez, E., De la Maza, C., & Oyanedel, J. C. (2015). Understanding attitudes and pro-environmental behaviors in a Chilean community. Sustainability, 7(10), 14133–14152. https://doi.org/10.3390/su71014133
Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (Studi di kawasan objek wisata alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geografi/article/view/87
Eaton, A. A., & Visser, P. S. (2008). Attitude importance: Understanding the causes and consequences of passionately held views. Social and Personality Psychology Compass, 2(4), 1719–1736. https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2008.00125.x
Fabrigar, L. R., Smith, S. M., Petty, R. E., & Crites, S. L. Jr. (2006). Understanding knowledge effects on attitude-behavior consistency: The role of relevance, complexity, and amount of knowledge. Journal of Personality and Social Psychology, 90(4), 556–577. https://doi.org/10.1037/0022-3514.90.4.556
Gifford, R., & Nilsson, A. (2014). Pro-environmental concern and behaviour: A review. International Journal of Psychology, 49(3), 141–157. https://doi.org/10.1002/ijop.12034
Grimm, S. R. (2006). Is understanding a species of knowledge? British Journal for the Philosophy of Science, 57(3), 515–535. https://doi.org/10.1093/bjps/axl015
Hamzah, S. (2013). Pendidikan lingkungan: Sekelumit wawasan pengantar. Refika Aditama.
Hess, C., & Ostrom, E. (Eds.). (2007). Understanding knowledge as a commons: From theory to practice. MIT Press. https://direct.mit.edu/books/edited-volume/3807/Understanding-Knowledge-as-a-CommonsFrom-Theory-to
Holdershaw, J., & Gendall, P. (2008, July). Understanding and predicting human behaviour. ANZCA08 Conference: Power and Place. https://www.researchgate.net/publication/228475561_Understanding_and_predicting_human_behaviour
Hunt, D. P. (2003). The concept of knowledge and how to measure it. Journal of Intellectual Capital, 4(1), 100–113. https://doi.org/10.1108/14691930310455414
Kaiser, F. G., Oerke, B., & Bogner, F. X. (2007). Behavior-based environmental attitude: Development of an instrument for adolescents. Journal of Environmental Psychology, 27(3), 242–251. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2007.06.004
K. Abharya, Adriansen, H. K., Begovac, F., Djukic, D., Qin, B., Spuzic, S., Wood, D., & Xing, K. (2009). Some basic aspects of knowledge. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, 1753–1758. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.310
Malinen, O.-P., & Savolainen, H. (2008). Inclusion in the East: Chinese students' attitudes towards inclusive education. International Journal of Special Education, 23(3). https://www.researchgate.net/publication/256492626_Inclusion_in_the_East_Chinese_Students'_attitudes_towards_inclusive_education
Omran, M. S. (2014). The effect of educating environmental ethics on behavior and attitude to environment protection. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 3(3), 141–151.
Rososoedarmo, R. S. (1993). Pengantar ekologi. Remadja Karya.
Saputra, R. A., & Sueb. (2020). The relation of environmental ethics and environmental awareness of students of Universitas Negeri Malang. Psikologi Jambi, 5(1), 31–36. https://doi.org/10.22437/jpj.v6iJuli.11743
Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10584
Sirait, N., & Florida. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa SMA Negeri se-Kota Medan [Skripsi, Universitas Negeri Medan].
Subagyo, J. (2002). Hukum lingkungan: Masalah dan penanggulangannya. Rineka Cipta.
Suharyat, Y. (2012). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal FKIP, 2(1).
Umar, R. (2016). Paradigma lingkungan guru: Studi hubungan antara kecerdasan naturalis, locus of control, dan pengetahuan tentang ekosistem dengan paradigma lingkungan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Veteran Republik Indonesia.
Verdugo, G. B., & Sandoval, D. D. (2024). Influence of moral reasoning and environmental concern on sustainable food consumption behaviors: A gender comparison among university students. Cleaner Waste Systems, 9, 100164. https://doi.org/10.1016/j.clwas.2024.100164
Von Glasersfeld, E. (1996). Introduction: Aspects of constructivism. In C. Coscot (Ed.), Constructivism: Theory, perspectives, and practice. Longman.
Wang, R., Yang, Y., Chen, R., Kan, H., Wu, J., Wang, K., Maddock, J. E., & Lu, Y. (2015). Knowledge, attitudes, and practices (KAP) of the relationship between air pollution and children's respiratory health in Shanghai, China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 12(2), 1834–1848. https://doi.org/10.3390/ijerph120201834
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagas Rasid Sidik, Yuniar Harvianti, Achyani Achyani, Erie Agusta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.