Pupuk kompos kulit buah kopi (Coffea arabica L.) sebagai panduan P5 SMA

Authors

  • Lena Yunita Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Lia Auliandari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Hendra Hendra Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v6i2.92

Keywords:

Pupuk kompos, Kulit buah kopi, Hara makro, Panduan P5

Abstract

Kulit buah kopi bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi pupuk kompos sehingga masyarakat dapat menekan pengeluaran untuk pupuk. Selain itu, pupuk kompos kulit buah kopi dapat menyuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Tujuan penelitian: 1) mengetahui persentase hara makro yang ada pada pupuk kompos kulit buah kopi, 2) merancang panduan kegiatan P5 SMA dengan tema pemanfaatan limbah kulit buah kopi sebagai pupuk kompos. Sebelum melakukan pembuatan pupuk kompos terlebih dahulu mengumpulkan limbah kulit buah kopi, melakukan proses pembuatan pupuk kompos kulit buah kopi dan mencampurkan EM4 dan gula merah yang telah disiapkan, setelah pupuk kompos jadi dilakukan analisis laboratorium dan mengetahui persentase hara makro. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hara makro yang terdapat di pupuk kompos kulit buah kopi adalah C-organik 39,99%, nitrogen (N) 2,06%, fosfor (P) 0,429%, kalium (K) 3,88%, magnesium (Mg) 0,09%, kalsium (Ca) 0,43%, dan parameter lainnya adalah pH 8,57 dan rasio C/N 19,41%, dan 2) rancangan kegiatan P5 SMA berupa panduan dengan tema pemanfaatan limbah kulit buah kopi sebagai pupuk kompos terdiri atas tema, tujuan dan konsep pupuk kompos, alat dan bahan, cara pembuatan pupuk kompos, refleksi, daftar pustaka, dan biografi.

Author Biographies

Lena Yunita, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

Lia Auliandari, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

Hendra Hendra, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pendidikan Biologi

References

Achyani, Sutanto, A., & Faliyanti, E. (2018). Buku AJar Pupuk Organik Kulit Kopi. Universitas Muhammadiyah Metro.

Armita, D., Wahdaniyah, Hafsan, & Amanah, H. A. (2022). Diagnosis visual masalah unsur hara esensial pada berbagai jenis tanaman. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 16(1), 139–150. https://doi.org/10.24252/teknosains.v16i1.28639

Asngad, A. (2013). Inovasi pupuk organik kotoran ayam dan eceng gondok dikombinasi dengan bioteknologi mikoriza bentuk granul. Jurnal MIPA, 36(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/nju/JM/article/view/2954

Berlian, Z., Syarifah, & Sari, D. S. (2015). Pengaruh pemberian limbah kulit kopi (Coffea robusta L.) terhadap pertumbuhan cabai keriting (Capsicum annum L.). Jurnal Biota, 1(1), 22–32. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/biota/article/view/382

Budiwanti, I. (2021). Analisis kualitas standar mutu kompos kulit buah kopi robusta (Coffea canephora) dan kotoran sapi menggunakan bioaktivator EM4 dan orgadec [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].

Ebigail, M., Mayani, N., & Hayati, E. (2019). Pengaruh dosis kompos limbah kulit buah kopi dan fungi mikoriza arbuskular terhadap pertumbuhan serta hasil tanaman melon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.17969/jimfp.v4i2.11027

Etika, Y. V. (2007). Pengaruh pemberian kompos kulit kopi, kotoran ayam dan kombinasinya terhadap ketersediaan unsur N, P dan K pada inceptisol [Skripsi, Universitas Brawijaya].

Fajeriana, N. (2024). Kesesuaian lahan dan kesuburan tanah pada lahan budidaya kacang tanah (Arachis hypogaea) di kampung Kofalit distrik Salkma Kabupaten Sorong Selatan. Agroteknika, 7(1), 51–66. https://doi.org/10.55043/agroteknika.v7i1.254

Falahuddin, I., Raharjeng, A. R., & Harmeni, L. (2016). Pengaruh pupuk organik limbah kulit kopi (Coffea arabica L.) terhadap pertumbuhan bibit kopi. Jurnal Bioilmi, 2(2), 108–120. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1135

Hardyanti, F., & Utomo, P. (2019). Perancangan sistem pemantauan suhu dan kelembaban pada proses dekomposisi pupuk kompos berbasis IoT. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(2), 193–201. https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i2.28324

Hopkins, W. G., & Hüner, N. P. A. (2009). Introduction to plant physiology (4th ed.). John Wiley & Sons Inc. https://www.wiley.com/en-ie/Introduction+to+Plant+Physiology%2C+4th+Edition-p-9780470247662

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar Pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Ismayana, A., Indrasti, N. S., Suprihatin, Maddu, A., & Fredy, A. (2012). Faktor rasio C/N awal dan laju aerasi pada proses co-composting bagasse dan blotong. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 22(3), 173–179.

Istiqomah, N., Adriani, F., & Rodina, N. (2018). Kandungan unsur hara kompos eceng gondok yang dikomposkan dengan berbagai macam PGPR. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 1(8), 1–10. https://doi.org/10.36589/rs.v8i1.79

Jovita, D. (2018). Analisis unsur makro (K, Ca, Mg) mikro (Fe, Zn, Cu) pada lahan pertanian dengan metode inductively coupled plasma optical emission spectrofotometry (ICP-OES) [Skripsi, Universitas Lampung].

Karamina, H., Fikrinda, W., & Murti, A. (2017). Kompleksitas pengaruh temperatur dan kelembaban tanah terhadap nilai pH tanah di Perkebunan Jambu Biji Varietas Kristal (Psidium guajava L.) Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Kultivasi, 16(3), 430-434. https://doi.org/10.24198/kultivasi.v16i3.13225

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi program kegiatan P5 kearifan lokal fase d di sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569-7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Mursidawati. (2023). Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka jenjang SMA. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(4), 580-586. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.318

Nanda, S. (2024). Cara menulis daftar pustaka menurut APA style dan contohnya. https://www.brainacademy.id/blog/menyusun-daftar-pustaka

Ngantung, J. A., Rondonuwu, J. J., & Kawulusan, R. I. (2018). Respon tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.) terhadap pemberian pupuk organik dan anorganik di Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur. Eugenia, 24(1), 44-51. https://doi.org/10.35791/eug.24.1.2018.21652.

Novita, A., Tampubolon, K., Julia, H., Fitria, & Basri, A. H. H. (2022). Dampak defisiensi dan toksisitas hara magnesium terhadap karakteristik agronomi dan fisiologi padi gogo. Agrotechnology Research Journal, 6(1), 49-61. http://doi.org/10.20961/agrotechresj.v6i1.59834

Purba, T., Ningsih, H., Purwaningsih, Junaedi, A. S., Gunawan, B., Junairiah, et al. (2021). Tanah dan Nutrisi Tanaman. Yayasan Kita Menulis.

Purnomo, E. A., Sutrisno, E., & Sumiyati, S. (2017). Pengaruh variasi C/N rasio terhadap produksi kompos dan kandungan kalium (K), pospat (P) dari batang pisang dengan kombinasi kotoran sapi dalam sistem vermicomposting. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(2) : 1-15.

Rafika, A., Zuraida, & Muyassir. (2022). Aplikasi kompos terhadap sifat kimia tanah dan kandungan hara tanaman jagung pada lahan kering inceptisol Krueung Raya, Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian (JIMFP), 7(2), 665-671. https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i2.20096

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rahmadani, A., Anggrayni, H. Z., Maghfirah, N. M., & Jamila, N. (2024). Kearifan lokal sebagai implementasi P5 pada kurikulum merdeka di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 135-151. https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1781

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadrah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Sekarwulan, K., et al. (2024). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Simamora, D. R. P., Sitorus, S., & Tarigan, D. (2023). Analisis kadar magnesium (Mg) Total dan mangan (Mn) pada penambahan EM4 terhadap pupuk kompos (sampah kulit kedelai - kacang panjang). Prosiding Seminar Nasional Kimia, 1(1), 11-18. https://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1150

Simanjuntak, A., Lahay, R. R., & Purba, E. (2013). Respon Pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap pemberian pupuk NPK dan kompos kulit buah kopi. Jurnal Online Agroekoteknologi, 1(3), 362-373. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/51766

Siregar, B. (2017). Analisa kadar c-organik dan perbandingan C/N tanah di lahan tambak Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 53. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/266

Surtinah. (2013). Pengujian kandungan unsur hara dalam kompos yang berasal dari serasah tanaman jagung manis (Zea mays saccharata). Jurnal Ilmu Pertanian, 11(1), 11-17. https://journal.unilak.ac.id/index.php/jip/article/view/1309

Suryani, Y., Hernaman, I., & Ningsih. (2017). Pengaruh penambahan urea dan sulfur pada limbah padat bioetanol yang difermentasi EM4 terhadap kandungan protein dan serat kasar. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 5(1), 13-17. http://dx.doi.org/10.23960/jipt.v5i1.p13-17

Supriatna, A. S., Putri, R. I., & Nanik, H. (2015). Pendeteksi suhu dan kelembaban pada proses pembuatan pupuk organik. Jurnal Eltek, 13(1), 1-10.

Taiz, L., & Zeiger, E. (2012). Plant physiology (5th ed.). Sinauer Associates Inc.

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan prestasi ekstrakulikuler olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Jurnal of Phisical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524-535.

Widarti, B. N., Wardhini, W. K., & Sarwono, E. (2015). Pengaruh rasio C/N bahan baku pada pembuatan kompos dari kubis dan kulit pisang. Jurnal Integrasi Proses, 5(2), 75-80. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jip/article/view/200

Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 147-153. http://doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles