Pengaruh media e-comic sistem imunitas manusia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa

Authors

  • Silviya Widya Astuti Universitas Wiralodra Indramayu
  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra Indramayu
  • Eva Yuliana Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.40

Keywords:

e-comic, media pembelajaran, motivasi, Student motivation, Learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan motivasi siswa pada materi sistem imunitas menggunakan media e-comic di kelas XI MAN  1 Indramayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-comic terhadap meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA MAN 1 Indramayu dengan sampel kelas XI-3 IPA dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu 15 butir soal bentuk pilihan ganda dan 15 butir soal angket. Setelah dilakukan pengolahan data, hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase pretest 56,12%. Hasil belajar siswa pada soal posttes diperoleh rata-rata persentase 74,36% termasuk ada berbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dan hasil belajar siswa antara pretest dan posttes dibandingkan dengan rumus N-gain dan memperoleh persentase 0,5 termasuk ke dalam kategori sedang   dan pada ranah motivasi siswa berupa soal angket dari 5 indikator memeroleh 86,3% pada indikator 1 dengan kategori sangat baik, 84% indikator 2 termasuk ke dalam kategori sangat baik, 77,7% indikator 3 dengan kategori baik, 82,3% indikator 4 termasuk ke dalam kategori sangat baik, 74% indikator 5 termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hal ini berarti media E-comic dapat dinyatakan baik untuk hasil belajar dan motivasi siswa pada materi sistem imunitas sub materi pertahanan tubuh (Adaptif) di kelas XI MAN 1 Indramayu.

References

AprilIia, W. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Submateri Sistem Pertahanan Tubuh Kelas Xi Sman 5 Bone. Uin Alauddin Makassar.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Mahdyah, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Untuk Meningkatakan Motivasi Belajara Siswa Dalam Pembelajaran Daraing Mata Pelajaran Penddikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Ma’arif Batu. Universitas Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

NURVIKA, R. T., & Susarno, L. H. (2018). Pengembangan Media E-Comic Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Sejahtera Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Pratiwi, A. (2019). Pengembangan Tes Tertulis Indo-Cambridge Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Imun Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 28–51.

Purnamasari, H., Siswoyo, S., & Serevina, V. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-komik pada materi dinamika rotasi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL), 7, SNF2018-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.05

Ratnasari, V., Budiantara, I. N., & Dani, A. T. R. (2021). Nonparametric Regression Mixed Estimators of Truncated Spline and Gaussian Kernel based on Cross-Validation (CV), Generalized CrossValidation (GCV), and Unbiased Risk (UBR) Methods. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 11(6), 2400-2406.

Siregar, N. H. O., Adisaputera, A., & Saragih, A. (2019). Development of interactive multimedia in learning to read genre text with local wisdom for students Junior High School Silangkitang. 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019).

Trisnaningsih, S., Suyanto, S., & Rahayu, T. (2016). Pengembangan learning management system quipper school pada pembelajaran materi sistem pertahanan tubuh untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Edukasi Biologi, 5(6).

Turrohmah, M. (2017). Hubungan Kompetensi Profesional Guru Qur'an Hadist Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Ma Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Yulianti, D., & Bintari, S. H. (2013). Better Teaching And Learning IPA Untuk Mengembangkan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(1).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles