Meta Analisis : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learrning Tipe Number Head Together dengan Hasil Belajar

Authors

  • Retti Yuselmi Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Zulyusri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lufri Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.18

Keywords:

Meta analisis, Number Head Together, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan menelaah sumber data yang berasal dari jurnal nasional terbitan tahun 2008 sampai tahun 2021. Pengumpulan data berupa artikel dan jurnal elektronik yang dilakukan dengan bantuan Google Scholar. Hasil pencarian diperoleh sebanyak 20 artikel relevan, jurnal elektronik dan prosiding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan penghitungan effect size untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa studi meta-analisis berpengaruh pada hasil belajar dan jenis model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together memiliki harga rata-rata lebih tinggi di tingkat menengah atas dibandingkan dengan sekolah dasar dan menengah pertama. Harga ukuran efek rata-rata untuk tingkat pendidikan menengah atas, menengah pertama dan dasar adalah: 2,542; 0,631; dan 0,86 pada kategori tinggi. Sedangkan dari segi jenis model pembelajaran cooperatif learning tipe number head together dalam keseluruhan artikel yang di analisis adalah: 1,288 pada kategori tinggi. maka dapat disimpulkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.

References

Annisa, r., et all. 2018. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang.

Dina, K.Y. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1) 1-10.

Firdaus. (2016). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Universitas Negeri Makassar.

Hartati, Adhelina, & Asmawati, A.A. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Materi Virus Kelas X MIPA 2 SMAN 15 Bone. Jurnal Biology Teaching and Learning, 4(1) 55-66.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Jelatu, Silfanus, et all. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Toghether (NHT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1) 12-17.

Luh P. M.S.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Desa Alasangker. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).

Muli’atunni’am. (2011). Efektifitas Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VIII SMP Pondok Modern Selamet Kendal Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia tahun 2010/2011. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Purwa, G.A. & Anugraheni, Indri. 2021. Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2) 436 – 446.

Pietersz Ferry & Saragih Horasdia. 2010. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 432-438

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sutrisno,et all. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD.

Tia, M.V.P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2) 132-140.

Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132.

Downloads

Published

2021-12-13

Issue

Section

Articles