Studi Meta-Analisis : Effektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.16Keywords:
Meta-analisis, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Mata pelajaran IPA ialah mata pelajaran yang membutuhkan banyak media pembelajaran sebagai penunjang materi ajar bahkan pada umumnya dapat dikatakan bahwa materi IPA tidak dapat dipahami dengan baik apabila tanpa bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan meliputi, media pembelajaran di dalam kelas seperti LCD komputer untuk menayangkan contoh visualisasi dari proses pembelajaran, dan penggunaan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tingkat SD, SMP, maupun SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis dengan melakukan telaah terhadap 20 artikel yang terbit di jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dimana penelitian ini memadukan hasil penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan berbagai media pembelajaran IPA menggunakan nilai pretest dan posttest siswa. Hasil effect size menunjukkan nilai rata-rata 1.1 dengan kategori efek sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
References
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality ( Ar ) Berbasis Android Pada Konsep Sistem Saraf Development Of Biology Learning Media Using Augmented Reality ( Ar ) Technology Based Android In The Concept Of Nervous Systems. 8(2), 47–57.
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hafzah, Nuur. Dkk. 2020. Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK Juenal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(4). 541-549
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.
Kemendikbud. (2013). Klasifikasi media pembelajaran. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/resource/view.php?id=24695. Diakses pada 20 Oktober 2021
Khomaidah, Siti. Harjono, Nyoto. 2019. Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Indonesian Jurnal of Educational Research and Review. 2(2). 143-148
Kurniawan, Fefiadi. Hardini. Agustina, T, A. 2020. Meta-Analisis Pengaruh Media Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 4(4). 492-496
Nindrea, ricvan dana. (2016). Pengantar Langkah- Langkah Praktis Studi Meta Analisis. Gosyen Publishing.
Pancaningrum, Dian. 2021. Meta-Analisis Pengaruh Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. 2(1). 74-78
Rahmawati, Siti. Dkk. 2021. Meta-Analisis Media Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Virtual Reality. OPTIKA:Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1). 12-25
Rorimpandey, A., Palapa, T. M., & Maramis, A. A. (2017). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (Jsme), 5(1), 69–75
Safitri, Nur Aisyah, dkk. 2021. Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan tambusai. 5(2). 4021-4031
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.