Validitas dan Praktikalitas Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan Saintifik

Authors

  • Asra Indah Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v4i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas dan praktikalitas pengembangan bahan ajar berupa modul IPA berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Data dikumpulkan dengan acara mencari artikel dari jurnal-jurnal nasional. Sampel yang digunakan sebanyak 10 artikel terkait dengan pengembangan modul IPA berbasis pendekatan saintifik. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat validitas dan praltikalitas pengembangan bahan ajar berupa modul IPA berbasis saintifik yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA.

References

Agus Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol 16 Nomor.1, Hal 75-83

Andriani, Rila. 2018. Pengembangan E-modul Reaksi Oksidasi dan Reduksi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang

Asmiyunda.,Guspatni., Azra F. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. JEP Volume 2 Nomor 2 November 2018.

Aulia M dan Kosim K. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Optik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA . Jurnal Pijar MIPA Vol 12 No 2.

Azwar, S. (2015). Reabilitas dan Validitas Edisi IV, Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boslaugh, sarah, dan Watters P.A. (2008). Statistics in a Nutshell, a Desktop Quick Referance”. United state of America: O’Reilley Media, Inc.

Dewi I.S. ,Sunarno W.,Dwiastuti S. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 8, No. 2, 2019 (hal 186-197).

Ernica S.Y. dan Hardeli. (2019). Validitas dan Praktikalitas E- Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik. Ranah Research Journal of Multidisiplinary Research and Depelopment.

Gazali, F., dan Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 202-208.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jannah W dan Elizar. (2018). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting untuk Kelas XI SMA/ MA. Menara Ilmu Vol. XII. No.12

Kliyanti S.M.,Nengsih R.,Yulianti E. (2018). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA/MA Sederajat . Biocolony Vol. 1 No. 2, Desember 2018. Hal: 34-39.

Maifo, Dita Wahyuni. 2017. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fungi untuk Tingkat SMA/MA Sederajat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. STKIP PGRI Sumbar.

Marera A. (2019). Development Of Biology Learning Module Based On Scientific Approach On Respiratory System Topic In Senior High School. Jurnal Al- Ahya Volume 1 Nomor 3 Oktober 2019.

Muhafid E.A., Suparmi & Sunarno W. (2017). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Saintifik Pada Tema Polusi Udara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Di SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252- 7893, Vol. 6, No. 2, (hal 83-96)

Natalina M.,Syafi’i.,W.,Heryen S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Biogenesis Vol. 13 (1):141 – 148, 2016.

Prawita W.,Prayitno B.A.,, Sugiyarto. (2019). Effectiveness of a Generative Learning-Based Biology Module to Improve the Analytical Thinking Skills of the Students with High and Low Reading Motivation. International Journal of Instruction. January 2019 . Vol.12, No.1.

Rosana, D. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, Hardeli, and Bayharti. (2018). “Development of Chemistry Triangle Oriented Module on Topic of Reaction Rate for Senior High School Level Grade XI Chemistry Learning”. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 335(2018) 012105 doi:10.1088/1757899X/335/1/012105.

Suciana D dan Ellizar. (2019). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Prompting Untuk Kelas XI SMA/MA. Edukimia Vol 1.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-08-10

Versions

Issue

Section

Articles