Studi Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi di SMA Ditinjau Dari Aspek Kognitif

Authors

  • Asra Indah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lufri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Zulyusri Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v3i2.17

Keywords:

Meta-Analisis, Problem Based Learning, Biologi

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang model pembelajaran PBL dalam pembelajaran Biologi terhadap aspek kognitif atau hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan sampel sebanyak 10 jurnal nasional. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar biologi mulai dari persentase pre-test dan post-test terendah 19,63 % hingga tertinggi 45,99%. Dari 10 jurnal yang telah dianalisis didapatkan peningkatan yang paling signifikan pada penelitian Pengaruh Problem-Based Learning  Terhadap Kemampuan  Berpikir Kritis Dan Kognitif Siswa SMA dengan tingkat post-test 92,27% sedangkan pre-test 46,28%. Dengan memperoleh efek size yang dikategorikan besar yaitu sebesar 0,79 dengan menggunakan rumus cohen’s. Hal ini menunjukkan bahwa PBL adalah strategi pembelajaran yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA.

References

Cahya, C. (2017). peningkatan hasil belajar dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning (PBL) pada konsep jamur di kelas X. Jurnal Penelitian Indonesia, 17(2), 7-14.

Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Enhancing metacognitive skills of students with different gender using simas eric learning model at state senior high school 6 Malang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 48-57.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27-35.

Fauzi, A., & Fariantika, A. (2018). Courses perceived difficult by undergraduate students majoring in biology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 78-89.

Haniyya, F., & Bintari, B. (2017). Pengaruh pembelajaran model PBL terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan kelas X MA Miftahussalam Demak. Journal of Biology Education, 6(1), 26-30.

Hariatik, H., Suciati, S., & Sugiyarto, S. (2017). Pembelajaran biologi model problem based learning disertai dialog socrates (DS) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 45-51.

Harnitayasri., Nurhayati, N., & Suryani, I. (2015). Efektifitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Bionature, 16(2), 103-109.

Hartati, H., Ismail, I., & Afiif, A. (2016). Perbandingan metode pembelajaran problem based learning dengan metode mind mapping terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Biotek, 4(1), 137-149.

Irwandi., N., Wulandari, W., & Topano, T. (2018). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Istiana, R., & Awaludin, M.T. (2018). Enhancing biology education students ability to solve problems in environmental science material through inquiri model-based lesson study. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 57-66.

Lestari, P., Ristanto, R.H., & Miarsyah, M. (2019). Metacognitive and conceptual understanding of pteridophytes: Development and validity testing of an integrated assessment tool. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 15-24.

Magdalena, R. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi kelas XI kota Samarinda tahun ajaran 2015. Proceeding Biology Education Conference, 12.

Mukra, R., & Nasution, M.Y. (2016). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning dengan problem based learning pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 122-127.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa biologi sekolah menengah pertama melalui metode demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15-19.

Noviar, D., & Hastuti, D.R. (2015). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis scientific approach terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014/2015.

Pratama, A.T. (2018). Improving metacognitive skills using problem based learning (PBL) at natural science of primary school in Deli Serdang, Indonesia. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 101-107.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) dan project based learning terhadap hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan siswa sekolah menegah atas. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 304-311.

Prilyata, R.A., Susanti. R., & Santoso, L.M. (2016). Pengaruh penerapan model problem based learnig berbantuan edmodo pada materi sistem peredaran darah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(2), 169-182.

Rini, R., Prihatin, J., & Pujiastuti, P. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran course review horay berbasis pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi. Bioedukasi, 15(1), 39-49.

Ristanto, R.H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). From a reader to a scientist: Developing cirgi learning to empower scientific literacy and mastery of biology concept. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi,11(2), 90-100.

Rosady F., Lisa, Y., & Supiandi, M.I. (2017). Pengaruh model pembelajaran teams game tournament (TGT) berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 2 Kelam Permai tahun pelajaran 2016/2017. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1), 9-17.

Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2017). Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMAN 27 Jakarta pada materi sistem imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10 (1), 58-64.

Sigit, D. V., Ernawati, E., & Qibtiah, M. (2017). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan pada siswa SMAN 6 Tangerang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 1-6.

Situmorang, M.V. (2017). Pengaruh model pembelajaran learning cycle dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 65-71.

Suhendar, S., & Wahyuni, A. (2018). Achievement and response of students at favorite junior high schools in sukabumi on trends in international mathematics and science study (TIMSS) questions. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 126-133.

Downloads

Published

2021-12-13

Issue

Section

Articles