Meta Analisis: Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37301/esabi.v4i1.23Keywords:
Kahoot, Evaluasi, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kembali pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan menelaah sumber data yang berasal dari jurnal nasional terbitan tahun 2018 hingga 2022. Pengumpulan data berupa artikel dan jurnal elektronik dilakukan dengan bantuan Google Scholar. Hasil pencarian diperoleh sebanyak 10 artikel relevan, jurnal elektronik dan prosiding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian meta analisis berpengaruh terhadap hasil belajar penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa memiliki harga rata-rata: 0,279 dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa termasuk dalam media.
References
Agustina, et al. 2020. Pemberian Kuis Berbasis Media Android dengan Aplikasi Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IIS 3 SMAN 9 Gowa. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah, 18(1), 88-100.
Alfansyur, A., dan Mariyani. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT “Kahoot” dalam Pembelajaran PPKN untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 6(2). 208-216.
Alika, B.D., & Masniladevi. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2952-2968.
Arsyad azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.
Desi, H., et al. 2018. Pengaruh Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Blitar. JKTP, 1(4), 273-278.
Darmawan, Akhmad. 2020. Pengaruh Penggunaan Kahoot terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi Di SMA Negeri 1 Muncar. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1(2), 91-99.
Fatmawati. 2021. Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas Budi Luhur Pangkalan Kresik. Skripi: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Herwina, dkk. (2020). Efektifitas Kahoot bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 3(2), 155-162.
Indrawati, D., et al. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(2), 701-706.
Kahoot. (2015). What is Kahoot. Dipetik Maret, 2022, dari Kahoot: https://kahoot.com/what-is-kahoot.
Karima, A.Z.U, & Hamdun D.2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 20-31.
Mafruhah, Syafiyatul. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi (Kahoot) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Smai Al-Maarif Singosari Malang, Vicratina: 4(7), 23-29.
M. Correia and R. Santos 2017, “GameBassed Learning: The Use of Kahoot in teacher education” 2017 International Symposium on Komputer in Education (SIIE).
Margareth, K.N., et al. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sman 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 2020; 2(2), 13-20
Muhammad, P., et al. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Media Interaktif Kahoot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 148-153.
Nuriyah, N. 2014. Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos
Purwanto, A., et al. 2021. Pengaruh Penggunaan Game Online Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 1-9.
Ramlah, et al. 2018. Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kahoot Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Di Sekolah Dasar Al Mumtaz Pontianak. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Dasar Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba).Bengkulu: 2 November 2019. 284- 291.
Septyanti, E. (2014). Pengaruh Strategi Know-Want To KnowLearned (K-W-L) dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Hikayat Siswa Kelas X Di Sma Islam AzZahra Palembang. Jurnal Bahasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.