Studi Literatur : Penggunaan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Mendukung Keterampilan Abad 21

Authors

  • Cindy Oktafina Nengsih Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/esabi.v4i1.22

Keywords:

Studi Literatur, Alat Evaluasi Pembelajaran IPA, Keterampilan Abad 21

Abstract

Abad 21 ini merupakan abad yang berbasis ilmu pengetahuan serta teknologi, sehingga menuntut sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing dalam menguasai berbagai bentuk keterampilan. Pentingnya peserta didik memiliki keterampilan abad 21 telah disadari oleh peserta didik sendiri dan juga guru sebagai tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan menjelaskan penggunaan dan pemanfaatan alat evaluasi terkhususnya pada pembelajaran IPA yang mendukung keterampilan abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan melakukan telaah terhadap ± 30 artikel yang terbit di jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dimana penelitian ini memadukan hasil penelitian dalam penggunaan alat evaluasi pembelajaran terkhususnya pada pelajaran IPA. Berdasarkan hasil pembahasan dari studi literatur dapat disimpulkan bahwa beberapa alat evaluasi modern berbasis teknologi dapat digunakan oleh guru untuk membuat soal ataupun dalam bentuk evaluasi pembelajaran peserta didik. Adapun aplikasi yang digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran berupa aplikasi kahoot, quizizz, google form, wondeshare quiz creator, aplikasi android dan lain sebagainya. Aplikasi aplikasi tersebut dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang mendukung keterampilan abad 21 terkhususnya pada mata pelajaran IPA.

References

Al Fajriyah, A., & Nugrahalia, M. (2020). Efektivitas Aplikasi Kahoot! Sebagai Alat Evaluasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya ke-VI 2020. Jurusan Biologi, FMIPA. Unimed

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderan Pendidikan Agama Islam.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bulan, S., & Zainiyati, H. S. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir Dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Paser. Syamil Jurnal Pendidikan Agama Islam. 8(1) : 15-34

Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2nd Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology.: Digital Economy for Sustainable Growth, ICDAMT 2017, 178–182.

Chotimah, K. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Melalui E-Learning Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. 29–30.

Correia, M. & Santos, R. 2017. Game based learning: the use of kahoot in teacher education. International Symposium on Komputer in Education (SIIE)

Dian Eka Wati, Darmanella. (2021). Validitas Buku Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Terintegrasi Kecakapan Abad 21. Physics and Science Education Jurnal (PSEJ). 1(3) : 108-115. E-ISSN: 2776-8163

Dwi Erniwati, Yunita., Yonisa Kurniawan, R. (2019). Analisis Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Internet. Jupe. 7(2): 67-70

Febriani, Areski. et al (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia (ALOTROP). 5(1) : 191-197

Gage, N. L., & Berliner, D. C. (1998). Educational Psychology 6th Ed. Houghton Mifflin Company

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills. A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. United State of America: SAGE Publication.

Handayani, R dan Wulandari, D. (2021). Modern Assesment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama (JPE). 8(1) : 13-24

Hasbi Assidiqi, M. dan Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Irwan, I, Lutfi, Z.F, Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! To Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1) : 95-104

Khaldun, I., Latifah Hanum dan Shinta Dita Utami. (2019). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 7 (2) : 132-142

Lisnani,. Emmanuel Gunadi. (2020). Analisis Peggunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). 4(2) : 155-167

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurzannah, Haidar Putra Daulay, D. S. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 1 Medan. Analytica Islamica, 7(2), 148–166.

Pamungkas, N. T. S., & Hakim, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Computer Test ( CBT ) Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang di SMA Negeri 1 Puri Mokokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 90–95.

Rachmawati, E. Dan Listyadi, A. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Wondeshare Quiz Creator Pada Materi Pajak Penghasilan Pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Ramdani, Agus et al. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 5(1): 98-108

Rizqi Nabilah, Shafa dan Thipto Subroto, Waspodo. (2021). Pemanfaatan alat evaluasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi APBN & APBD Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Efektor. 8(2) : 142-153

Utin, Emanuela et al. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Komputer Berbasis Wondershare Quiz Creator. Jurnal Education and Technology (JUTECH). 1(2) : 1-10

Wahyu S.U, Lina. (2021). Penggunaan Google Form dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (TEACHING). 1(3) : 150-156

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-08-11

Versions

Issue

Section

Articles